Breaking News:

Fraksi Gerindra Minta Panitia Seleksi Dirut Bank Jatim Transparan

Fraksi Gerindra di DPRD Jawa Timur meminta panitia seleksi Direktur Bank Jatim untuk transparan

Layanan nasabah Bank Jatim 

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Fraksi Gerindra di DPRD Jawa Timur meminta panitia seleksi Direktur Bank Jatim untuk transparan.

Sebab, hingga saat ini pihaknya belum menerima perkembangan hasil rekruitmen calon direktur utama dan direktur consumer ritel bank milik Jatim tersebut.

Bahkan, Anggota Fraksi Partai Gerindra DPRD Jatim, Aufa Zhafiri sampai berinisiatif mencari informasi melalui website resmi.

"Kami ingin tahu, siapa saja nama anggota panselnya, lalu siapa saja calon direksi yang ikut seleksi. Namun, di website Bank Jatim pun tidak ada pengumuman,” ungkap Aufa.

Anggota Komisi C DPRD Jatim periode 2014-2019 ini menerangkan bahwa rekruitment komisaris dan direksi sebuah BUMD harus sesuai regulasi pemerintah. Di antaranya, tercantum dalam Peraturan Pemerintah No 54/2017 tentang BUMD dan Peraturan Menteri Dalam Negeri No 37 tahun 2018.

Hal ini termuat dalam Pasal 58 huruf PP 54 /2017. Bahwa, proses pemilihan direksi dilakukan melalui mekanisme uji kelayakan dan kepatutan (UKK) atau dikenal dengan istilah Fit And Proper Test.

Hal itu diperjelas dalam Pasal 35 Permendagri 37/2018. Yang mana, calon direksi bisa dipilih apabila memenuhi 3 tahapan yang ditetapkan Panitia seleksi.

Dalam Pasal 33 Permendagri 37/2018, tiga tahap tersebut adalah Seleksi Administrasi, UKK, dan Wawancara. “Bobot penilaian ini paling besar dan menentukan calon direksi layak atau tidak,” ucap Aufa.

Selain itu, ia juga mengingatkan pentingnya penyebaran Informasi Pelaksanaan Seleksi. Hal ini tertuang dalam Pasal 56 Permendagri 37/2018.

Jelang Hari Raya Idul Adha, Penjual Hewan Kurban Alami Penurunan Penjualan Hingga 30 Persen

Sepasang Pria Pensiunan PNS Menikah Demi Seatap, Bukan karena Cinta, Istri dan Anak Rela Ditinggal

Siasat Licik Pria Gresik Perdayai ABG Gresik hingga Dinodainya, Foto Facebook Jadi Andalan

Pemda diminta menginformasikan pelaksanaan setiap tahapan seleksi anggota dewan pengawas (Komisaris) dan Direksi melalui media massa lokal/nasional dan atau elektronik. Media elektronik salah satunya adalah website resmi BUMD.

Aufa Zhafiri menilai, hal ini yang pula yang membuat munculnya wacana interpelasi Gubernur oleh Komisi C. "

Selama ini kami tidak pernah mendapat informasi apapun soal tahapan rekruitmen direksi Bank Jatim baik dari pemprov maupun di media,” pungkas Aufa.

Halaman
1234
Penulis: Bobby Constantine Koloway
Editor: Yoni Iskandar
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved