Breaking News:

Lebih Enak Dipandang, Sekelompok Anak Muda Percantik Dinding Rumah di Bantaran Sungai Joyoboyo

Sekelompok anak muda dari beragam komunitas percantik tembok-tembok rumah yang berjejer di bantaran sungai di Kawasan Joyoboyo Surabaya.

SURYA/ HABIBUR ROHMAN
SUMBANG KARYA - Sekelompok remaja dengan mural hasil karya mereka di rumah Jalan Joyoboyo Surabaya, Sabtu (11/7/2020). Kelompok gabungan pecinta seni ini mewujudkan bakti sosial dengan mempercantik deretan bangunan. 

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Ada pemandangan berbeda dengan sejumlah rumah bantaran sungai yang berderet di kawasan Jalan Joyoboyo Surabaya.

Jika semula rumah-rumah yang sebagian besar terbuat dari kayu triplek itu tampak biasa dengan cat polos, kini tampilannya semakin indah dengan lukisan warna-warni.

Lukisan di tembok-tembok rumah masyarakat berpenghasilan ekonomi menengah ke bawah itu adalah karya sekelompok anak muda.

Pemkab Banyuwangi Berdayakan Pelaku Ekonomi Lokal Guna Sediakan Nutrisi Bagi Tenaga Kesehatan

Kesembuhan Pasien Covid-19 Jatim Tertinggi Nasional, Gubernur Khofifah Optimis Lalui Darurat Pandemi

"Kami tidak menyembut kami komunitas tertentu karena kami berasal dari beberapa komunitas yang bersatu untuk membuat gelaran ini," ungkap Aulia Reswara Megananda, atau yang lebih akrab disapa Reza, ketua pelaksana, Sabtu (11/7/2020).

Lanjutnya, anak muda yang terlibat mempunyai kegemaran dan kemauan dalam bidang seni.

"Rumah-rumah yang ditinggali itu bagian dari Sanggar Alang-alang. Sementara mural ini salah satu project yang kami jalankan bekerja sama dengan Sanggar Alang-alang," kata Reza.

479 Desa Wisata Disiapkan Buka, Pemprov Jatim Pastikan Standar Protokol Pencegahan Covid-19 Siap

Cantik dengan Taburan Bintang di Bawah Mata Ala MUA Diva Maharani, Begini Tip dan Triknya

Mural tersebut mengusung tema alam. Objek yang dilukiskan beragam, mulai dari daun, bunga, pohon, dan sebagainya.

"Untuk mural, ada 14 orang yang terlibat. Muralnya memang sederhana. Dengan ini, kami ingin menghadirkan keindahan sekaligus mengajak masyarakat menjaga lingkungan," ungkap Reza.

Mural tersebut menghiasai 11 rumah yang panjang total mencapai 35 meter. Sebelum dihias, rumah-rumah itu tadinya berwarna hijau polos.

"Kami melakukan bakti sosial lewat seni. Kami ingin memberikan keindahan sehingga lingkungannya lebih enak dipandang," ungkapnya.

Halaman
12
Penulis: Christine Ayu Nurchayanti
Editor: Hefty Suud
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved