Breaking News:

Pesan Khofifah saat Buka MPLS Daring SMA/SMK Jatim, Ingatkan 5 Karakter Pembentuk Jati Diri Siswa

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa memberikan wejangan pada peserta didik baru SMA SMK Negeri dan Swasta.

DOK./HUMAS PEMPROV JATIM
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa memberikan wejangan pada peserta didik baru SMA SMK Negeri dan Swasta yang mulai hari ini, Senin (13/7/2020) menjalani Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) tahun ajaran 2020/2021. 

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa memberikan wejangan pada peserta didik baru SMA/SMK Negeri dan Swasta yang mulai hari ini, Senin (13/7/2020) menjalani masa pengenalan lingkungan sekolah (MPLS) tahun ajaran 2020/2021.

Melalui media virtual, gubernur perempuan pertama Jawa Timur tersebut memberikan pengarahan dan motivasi untuk para siswa.

Dikatakan Khofifah, ada lima karakter jati diri yang harus dibentuk pada setiap siswa Jawa Timur. Yang pertama adalah religius, nasionalis, integritas, mandiri, dan gotong royong.

VIRAL Acara Gowes Massal dan Dangdutan di Brebes, Pesan WA Ganjar ke Bupati Bocor, Gubernur Geram

Hal itu harus terus dibentuk agar para siswa di Jawa Timur bisa menghadapi tantangan dunia ke depan.

"Memang hari ini kita tidak melihat siswa-siswi SMA/SMK Jawa Timur. Tapi kita ingin melihat anak-anak Jawa Timur pada tahun 2030 dan 2050 mendatang," kata Khofifah.

Pasalnya, di tahun 2030, Indonesia diprediksi akan menjadi tujuh negara terbesar di dunia. Dan di tahun 2050, Indonesia diprediksi akan menjadi empat negara terbesar di dunia.

Sejoli Nekat Ngebut Nikah, Tragedi Ranjang Kuak Kondisi Asli Istri, Suami Syok Baca Catatan Medis

Tragedi Istri Ceraikan Suami 3 Menit Pasca Ijab Kabul, Keputusan Malah Dipuji, Malam Pertama Gagal

"Prediksi ini tentu dibuat dengan berbagai prediksi yang luar biasa. Maka kita lihat anak-anak kita saat ini, karena sejatinya merekalah pelakunya yang akan mewujudkan prediksi-prediksi ini," kata Khofifah.

Meski saat ini dunia sedang dilanda pandemi, dan bank dunia melakukan berbagai koreksi pertumbuhan ekonomi di berbagai negara dunia, namun Khofifah meminta para siswa tidak pesimistis.

Ia ingin agar seluruh siswa di Jawa Timur bisa membangun semangatnya untuk terus belajar dengan bekal lima jati diri siswa Jawa Timur tersebut.

Kepala Puskesmas di Gresik Wafat Kena Corona, Ngeluh Sesak Nafas dan Dirawat 4 Hari, Beri Hormat

Religiusitas akan menjadi pondasi setiap siswa di Jawa Timur. Yang kemudian akan menjadi ruh cinta tanah air yang menjadi dasar nasionalisme.

Halaman
12
Penulis: Fatimatuz Zahroh
Editor: Arie Noer Rachmawati
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved