Breaking News:

Hari Raya Idul Adha 2020

Seminggu Jelang Hari Raya Idul Adha 2020, Pemkot Surabaya Pastikan Harga Bahan Pokok Stabil

Jelang Hari Raya Idul Adha 2020. Kepala Dinas Perdagangan Surabaya, Wiwiek Widayati pastikan harga bahan pokok masih stabil.

Penulis: Yusron Naufal Putra | Editor: Hefty Suud
TRIBUNJATIM.COM/FIKRI FIRMANSYAH
Pasar Wonokromo, Surabaya. 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Yusron Naufal Putra

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Pemkot Surabaya memastikan harga bahan pokok menjelang Hari Raya Idul Adha hingga saat ini masih stabil di pasaran.

Kepala Dinas Perdagangan Surabaya, Wiwiek Widayati mengatakan hal itu didapat dari pemantauan yang dilakukan pihaknya di pasar secara rutin.

"Biasanya kami sidak ke pasar yang besar-besar dulu, setelah itu baru kami menyisir ke pasar yang menjadi acuan," kata Wiwiek.

Ungkap Gelagat Aneh Editor Metro TV Yodi Prabowo Sebelum Tewas, Ibunda Bantah Tudingan Bunuh Diri

Ditinggal Suami 30 Menit, Baju Istri Lepas karena Ulah Terapis Pijat, Emosi Lihat Kejadian di Kamar

Pasar besar itu, misalnya Pasar Wonokromo, Pasar Tambahrejo, Pasar Pucang, Pasar Pabean, Pasar Genteng dan Pasar Kembang. Hal itu dilakukan untuk memastikan atau mengendalikan harga bahan pokok.

Menurut Wiwiek, saat turun bersama jajarannya untuk sidak itulah terpantau harga kebutuhan pokok masih stabil dan tidak melebihi Harga Acuan Penjualan di Konsumen (HAPK).

Dia memberi contoh, misalnya pada Kamis (23/7/2020), harga telur relatif masih aman. Sebab, dari harga Rp 24 ribu menjadi Rp 24.800. Menurut Wiwiek pergerakan harganya masih bisa dikontrol.

UPDATE CORONA di Dunia Jumat 24 Juli 2020, Total Kasus Capai 15,6 Juta, Amerika 4,1 Juta Kasus

Aurel Ungkap Penyesalan dalam Hidup, Akui Ingin Kembali ke Masa Itu, Enggak Mau Main-main

Lalu, seperti minyak goreng curah, terhitung sejak tanggal 20 hingga 23 Juli 2020 tidak ada peningkatan. Harga rata-rata minyak curah Rp 11.357 ribu per liter.

Kemudian bawang merah kualitas lokal dipantau harganya justru mengalami tren penurunan. Semula pada 15 Juli harganya Rp 28.714 ribu per kilogram.

Namun pada 20 Juli 2020 turun menjadi Rp 26.143 ribu per kilogram. Sedangkan pada keesokan harinya kembali turun menjadi Rp 25.286 per kilogram.

Wiwiek mengungkapkan, bila dalam sidak itu ditemukan pergerakan harga, pihaknya bersama petugas gabungan langsung menuju aktivitas operasi pasar.

Hal itu juga berlaku di sekitar wilayah pasar yang mengalami kenaikan harga. Komoditas yang mengalami kenaikan juga disuplai.

Penulis: Yusron Naufal Putra

Editor: Heftys Suud

Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved