Virus Corona di Banyuwangi

Genap 100 Santri 'Positif' di Ponpes Darussalam Banyuwangi, Dinkes: Disiplin Protokol Covid-19!

Genap 100 santri Pondok Pesantren Darussalam Blokagung Banyuwangi positif Covid-19. Kadinkes dr Widji Lestariono wanti-wanti protokol kesehatan.

Penulis: Haorrahman | Editor: Hefty Suud
SURYA/HAORRAHMAN
Pemeriksaan kesehatan, tracing, uji swab dan penyemprotan desinfektan didukung Kementerian Kesehatan dan Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur terjun ke pondok pesantren, 2020. 

TRIBUNJATIM.COM, BANYUWANGI - Kasus positif  virus Corona ( Covid-19 ) dari klaster Pondok Pesantren Darussalam Blokagung Banyuwangi terus bertambah.

Hal ini menyusul adan tambahan tujuh santri terkonfirmasi terpapar Covid-19, Rabu (26/8/2020).

Dengan tambahan kasus tersebut, total santri yang positif Covid-19 di Pondok Pesantren Banyuwangi itu genap 100 orang.

BERITA TERPOPULER JATIM: Chat Sekda Bondowoso Panggil Sayang Dokter RSUD hingga Biduan Ditipu

Chat Mesra Dirinya dengan Dokter R Beredar, Sekda Bondowoso: Ini Mafia Luar Biasa, Soal Jabatan?

Kepala Dinas Kesehatan Banyuwangi, dr Widji Lestariono, mengatakan, pada Rabu (26/8/2020), jumlah kasus konfirmasi Covid-19 di Banyuwangi bertambah 12 kasus baru.

Bersamaan itu, tiga pasien konfirmasi juga dinyatakan telah sembuh.

"Hari ini tercatat dari 225 kasus Covid-19, ada 84 pasien dinyatakan sembuh. Dalam perawatan 132 orang, dan 9 meninggal dunia," kata dr Rio, Rabu (26/8/2020).

Geger Tangkapan Layar Chat Sekda Bondowoso Merayu Dokter Gigi R, Saifullah: Biar Dibuktikan Polisi

Optimalisasi Pemungutan Pajak, Pemkab Jember Tanda Tangani Kerja Sama dengan DJP dan DJPK 

Pasien yang tercatat sembuh per hari ini adalah pasien 85, 92, dan 94. Yakni dua orang tenaga kesehatan dan satu kontak eratnya.

Rio, sapaan akrab Widji Lestarino, mengungkapkan, sebagian pasien yang hari ini dinyatakan positif covid merupakan santri di salah satu pondok pesantren.

Total ada tambahan 7 santri yang hasil uji swabnya terbukti terinfeksi virus corona.

“Rinciannya 4 santri yang ada di asrama pondok, sedang tiga lainnya adalah santri yang sedang pulang ke rumahnya,” jelas Rio.

Untuk kasus konfirmasi lainnya adalah tiga orang pasien suspek yang sedang rawat inap di RSUD Blambangan, serta penambahan kasus dari kontak erat pasien konfirmasi sebelumnya.

“Kami juga sudah menerima hasil adanya satu tenaga kesehatan asal Kecamatan Genteng yang terkonfirmasi positif Covid-19. Yang bersangkutan sudah melakukan isolasi,” jelas Rio.

Untuk itu, Rio terus mengimbau pentingnya penerapan protokol kesehatan baik saat di rumah, maupun saat beraktivitas di luar rumah.

Ini penting dilakukan untuk mencegah transmisi lokal Covid-19.

“Siapapun, saat ini wajib waspada dan benar-benar menerapkan protokol kesehatan dengan baik karena kasus Covid 19 di Banyuwangi terus naik. Siapa pun sangat mungkin terinfeksi. Transmisi lokal sangat mungkin terjadi,” pungkas Rio.

Penulis: Haorrahman

Editor: Heftys Suud

Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved