Hasil Pemeringkatan Kemahasiswaan, Universitas Negeri Malang dan Unisma Meningkat Pesat

Universitas Negeri Malang dan Universitas Islam Malang mengalami kenaikkan pesat di pemeringkatan kemahasiswaan untuk perguruan tinggi di Indonesia.

SURYA/Sylvianita Widyawati
Salah satu prestasi mahasiswa Universitas Negeri Malang (UM) di MTQ mahasiswa tingkat nasional tahun lalu. 

TRIBUNJATIM.COM, MALANG - Kemendikbud baru saja mengumumkan hasil pemeringkatan kemahasiswaan untuk perguruan tinggi di Indonesia.

Universitas Negeri Malang (UM) dan Universitas Islam Malang (Unisma) mengalami kenaikkan pesat.

"Jika pada 2019, peringkat kemahasiswaan UM di 19. Tahun ini di peringkat tujuh," jelas Wakil Rektor III UM, Dr Muarifin MPd, Sabtu (28/8/2020).

Hal serupa juga disampaikan Rektor Unisma, Prof Dr Masykuri MSi yang merasa senang peringkat kemahasiswaannya meningkat. Tahun lalu di peringkat 66, tahun ini di peringkat 25.

Misteri Anak Gadis Putri Diana dari Pangeran Charles, Hidup dengan Identitas Rahasia: Mirip Ibunya

Baru Terbongkar Urusan Ranjang, Kegenitan Nagita Buat Kaget Semua, Istri Raffi Tersipu: Dia Suka

"Naik 41 digit. Luar biasa," kata Masykuri dengan nada senang.

"Ini tak lepas dari upaya agar para mahasiswa meraih prestasi. Selain di event yang diadakan Kemendikbud juga event lainnya," jelas Rektoe Unisma terpisah

Muarifin, WR III UM menyatakan pemeringkatan bidang kemahasiswaan secara nasional terdapat empat parameter. Yaitu Institusi, Rekognisi/ non kompetisi, Kompetisi Mandiri dan Kompetisi Belmawa.

“Berdasarkan 4 parameter inilah, UM mampu memaksimalkan potensi yang dimiliki sehingga mampu menaikan peringkat UM pada tahun 2020,” ujarnya.

Dijelaskan, keterpurukan peringkat UM pada tahun lalu disebabkan pada sinergitas dan integrasi data. Sehingga hasilnya kurang memuaskan.

1 Tahun Nikah, Urusan Kamar Jennifer Jill-Ajun Terkuak, 3 Hari 3 Malam, Melaney: Kok Mau Kawinin?

“Pada tahun 2019, dalam pengumpulan dan analisis data bidang kemahasiswaan belum dilakukan secara terintegrasi dan melibatkan semua unit yang ada. Dengan kata lain, sinergitas unit yang ada di UM masih belum optimal," contohnya.

Dari masalah tersebut, maka dilakukan usaha agar data di semua unit di UM lebih terintegrasi.

Upaya berikutnya adalah mengembangkan program kerja kemahasiswaan yang sistematis dan berkesinambungan lewat Sistem Informasi Manajemen Pemeringkatan Bidang Kemahasiswaan (SIMKATMAWA).

Untuk kepentingan pemeringkatan, maka harus ditanamkan sense of belonging pada seluruh warga UM. Yaitu rasa kepemilikan terhadap UM dan rasa kepedulian terhadap kualitas UM.

Selain itu, untuk rekognisi atas pengakuan prestasi mahasiswa juga dikeluarkan peraturan rektor. Yaitu prestasi mahasiswa disetarakan dengan kegiatan akademik yang relevan.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved