Breaking News:

Pilkada 2020, KPU Sumenep Buka Pendaftaran Bakal Paslon Bupati dan Wakil Bupati 4-6 September

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sumenep akan melaksanakan Pendaftaran Bakal Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati jelang Pilkada 2020.

handover
Ilustrasi Pilkada 

TRIBUNJATIM.COM, SUMENEP - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sumenep akan melaksanakan Pendaftaran Bakal Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati jelang Pilkada 2020.

Komisioner KPU Sumenep, Rafiqi Tanziel mengatakan, tahapan ini sudah tertuang dalam Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomer 5 tahun 2020 tentang Tahapan, Program dan Jadwal Penyelenggaraan Pilkada 2020.

"Pendaftaran pasangan calon bupati dan wakil bupati Sumenep ini dimulai tanggal 4 hingga 6 September 2020 ini," kata Rafiqi Tanziel, Rabu (2/9/2020).

Profil Biodata Armuji, Cawawali yang Direkom PDIP untuk Pilwali Surabaya, Simak Kiprahnya

Canda Andre Taulany Sebut Anak Pungut di Depan Betrand Peto: Kamu Juga Kan?, Anak Ruben Menunduk

Tempat pendaftaran ini katanya, nanti berlangsung di Kantor KPU Sumenep, tepatnya di Jalan Asta Tinggi Nomor 99, Kebonagung Kota Sumenep.

Selain itu kata Rafiqi Tanziel, untuk syarat pencalonan bagi pasangan yang diusung partai politik atau gabungan partai politik pada pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sumenep 2020 ini, yakni 20 persen dari jumlah kursi di DPRD Sumenep.

"Minimal didukung 10 kursi dari total 50 kursi DPRD Sumenep saat ini," ujarnya.

Direkom PDIP di Pilkada Surabaya, Eri-Cak Ji Deklarasikan Diri, Siap Lanjutkan Keberhasilan Risma

Kader PDI Perjuangan Wajib Menangkan Eri Cahyadi-Armuji di Pilkada Surabaya 2020

Sedangkan untuk 25 persen katanya, dari akumulasi suara sah dalam pemilu Anggota DPRD Kabupaten Sumenep 2019 lalu, yakni sebanyak 170.585 suara sah dan ini berdasarkan Surat Keputusan KPU Sumenep nomor : 267/PP.05.2-Kpt/3529/KPU-Kab/VIII/2020.

"Untuk persyaratan selengkapnya bisa mengakses langsung web resmi KPU Sumenep di Http://kpud-sumenepkab.go.id. Atau bisa langsung menemui tim Help Desk Pencalonan di Kantor KPU Kabupaten Sumenep," katanya.

Pada saat hendak pendaftar ke KPU katanya, perwakilan partai politik yang mendampingi pasangan calon diharapkan mengikuti protokol kesehatan, salah satunya dengan memakai masker.

"Nanti KPU juga akan membatasi tim yang mendampingi pasangan calon sewaktu mendaftar, hal ini untuk mengantisipasi penumpukan massa," ujarnya.

Penulis: Ali Hafidz Syahbana

Editor: Pipin Tri Anjani

Penulis: Ali Hafidz Syahbana
Editor: Pipin Tri Anjani
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved