Breaking News:

SYARAT Dapat Bantuan Uang Santunan Rp 15 Juta untuk Keluarga Pasien yang Meninggal karena Covid-19

Sejumlah syarat yang harus dipersiapkan oleh keluarga pasien yang meninggal karena positif terinfeksi Covid-19 agar bisa mendapatkan bantuan santunan.

TribunMadura.com/Kuswanto Ferdian
Suasana saat masyarakat Pamekasan yang meninggal karena positif terinfeksi virus Corona ketika dikebumikan. 

TRIBUNJATIM.COM, PAMEKASAN - Ada sejumlah syarat yang harus dipersiapkan oleh keluarga pasien yang meninggal karena positif terinfeksi Covid-19 agar bisa mendapatkan bantuan uang santunan sebesar Rp 15 juta rupiah dari pemerintah.

Kepala Dinas Sosial Jawa Timur, Alwi Beiq mengatakan, syarat pokok pertama yang harus dipersiapkan oleh keluarga pasien yang meninggal karena positif terinfeksi Covid-19 agar bisa mendapatkan bantuan uang santunan sebesar Rp 15 juta rupiah dari pemerintah, harus memiliki surat keterangan kematian akibat Covid-19 dari Puskesmas, Rumah Sakit, dan Dinas Kesehatan.

Kalau sudah mendapatkan surat itu, langkah selanjutnya, harus melengkapi surat keterangan ahli waris yang ditunjuk oleh pihak keluarga yang akan menerima uang santunan tersebut.

Kenakalan Jennifer Jill-Ajun Perwira di Ranjang RS, Ipel Sakit Jelang 50 Tahun, Suami: Peluk-peluk

Sosok Kakak Kandung Dory Harsa Jarang Disorot, Ipar Nella Cantik Berhijab, Pekerjaan Tak Sembarangan

Setelah itu, ahli waris yang sudah ditunjuk, wajib membuka rekening bank baru atas nama ahli waris.

Namun jika sudah memiliki rekening baru, tidak usah membuat lagi.

"Semua data itu bila sudah siap, lalu dikirim melalui kami (Dinas Sosial Provinsi Jatim), nanti kami bantu rekomendasi dan kami percepat prosesnya," kata Alwi Beiq kepada TribunMadura.com (grup TribunJatim.com), Selasa (15/9/202.

Menurut Alwi, setelah semua berkas itu diajukan ke pusat, maka proses pencairannya tinggal menunggu jadwal dari pemerintah pusat.

5 Penyakit yang Diawali Gejala Sakit Dada, Serangan Jantung hingga Gangguan Menelan

Biasanya kata dia, pencarian uang santunan itu bisa cepat diproses bergantung dari ketepatan persyaratan berkas yang diajukan oleh keluarga pasien.

"Hingga hari ini masih belum ada masyarakat yang mendapatkan uang santunan itu. Karena ini kewenangan dari pusat," ujarnya.

Namun meski saat ini masih belum ada yang cair kata Alwi keluarga pasien yang meninggal karena positif terinfeksi Covid-19 tak perlu cemas, sebab Gubernur Jatim sudah memerintahkan kepada pihaknya untuk segera memproses pencairan itu.

"Pesan Gubernur Jatim ke kami, karena masyarakat ini sudah terkena musibah, jadi santunan musibah itu harus dipercepat," tutupnya.

Penulis: Kuswanto Ferdian

Editor: Pipin Tri Anjani

340 Keluarga Pasien Meninggal Covid-19 Bakal Dapat Rp 15 Juta, Begini Penjelasan Kadinsos Jatim

Video Maba Dibentak Senior Saat PKKMB Unesa Online Jadi Viral, Kampus: Sangat Menyayangkan

Penulis: Kuswanto Ferdian
Editor: Pipin Tri Anjani
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved