Breaking News:

Apotek Online Lifepack

Mengenal Hepatitis B, Berikut Gejala-gejala dan Cara Mencegahnya

Namun Apa itu virus hepatitis B? Seberapa berbahayakah? Dan bagaimana cara mencegahnya? Simak selengkapnya di sini!

Editor: Dwi Prastika
Freepik by user5356353
Ilustrasi hepatitis 

TRIBUNJATIM.COM - Hati merupakan organ yang sangat penting di dalam tubuh. Hati berfungsi untuk menghancurkan racun yang masuk ke dalam tubuh, menghasilkan protein, dan membantu pencernaan. Namun kesehatan hati dapat terancam salah satunya oleh virus.

Virus yang sering menyerang organ hati adalah virus hepatitis. Salah satu virus hepatitis yang paling sering menyerang tubuh manusia adalah virus hepatitis B.

Namun Apa itu virus hepatitis B? Seberapa berbahayakah? Dan bagaimana cara mencegahnya? Simak selengkapnya pada ulasan yang telah Tim Lifepack rangkum berikut ini:

Apa itu Hepatitis B?

Menurut WHO, pada tahun 2016 terdapat 27 juta orang yang menderita hepatitis B. Infeksi ini menyebabkan kerusakan dan peradangan pada organ hati .

Hepatitis B merupakan infeksi yang tidak bertahan lama dalam tubuh. Penyakit ini dapat sembuh dengan sendirinya karena imunitas yang ada di dalam tubuh. Hepatitis yang satu ini tidak seperti hepatitis lainnya, penyakit ini tidak menular dengan berpelukan atau menggunakan alat makan bersama. Tetapi virus ini dapat menular dengan hubungan seksual, penggunaan jarum suntik, ibu hamil yang menderita hepatitis B akan menularkan penyakit ini pada janinnya.

Hepatitis B terbagi menjadi dua, yaitu hepatitis B akut dan hepatitis B kronis.

Hepatitis B Akut

Infeksi hepatitis B akut terjadi dengan durasi penyakit yang pendek. Biasanya gejala hepatitis B akut berlangsung dalam beberapa minggu. Tubuh akan mengeluarkan kekebalan tubuh untuk membuat virus-virus di dalam tubuh hilang atau mati. Namun pada beberapa kasus gejala dapat berlangsung hingga enam bulan.

Hepatitis B Kronis

Halaman
1234
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved