Breaking News:

Pilkada Sidoarjo

BHS Beber Potensi Besar Budi Daya Kelor, Banyak Manfaat untuk Dikonsumsi hingga Bisnis Menjanjikan

BHS menyarankan kepada masyarakat untuk budi daya atau sekadar menanam kelor di rumahnya. Apalagi, Sidoarjo sangat cocok untuk ditanami tumbuhan ini.

Penulis: M Taufik | Editor: Dwi Prastika
ISTIMEWA/TRIBUNJATIM.COM
Calon Bupati Sidoarjo, Bambang Haryo Soekartono (BHS) saat berkunjung ke tempat budi daya kelor di kompleks Perumahan Surya Asri, Desa Sidokepung, Kecamatan Buduran, Sidoarjo, Jumat (16/10/2020). 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, M Taufik

TRIBUNJATIM.COM, SIDOARJO - Budi daya kelor ternyata potensinya sangat bagus. Selain daun dan batangnya yang punya banyak manfaat untuk dikonsumsi, bisnis kelor juga sangat menjanjikan.

Belum lagi manfaat penghijauan.

"Jika memungkinkan budi daya dalam jumlah banyak, bisa ekspor. Seperti ke China, Thailand, Korea dan Jepang yang sangat membutuhkan daun kelor," kata Calon Bupati Sidoarjo, Bambang Haryo Soekartono ( BHS ) saat berkunjung ke tempat budi daya kelor di kompleks Perumahan Surya Asri, Desa Sidokepung, Kecamatan Buduran, Sidoarjo, Jumat (16/10/2020).

Budi daya kelor juga bisa menambah ruang terbuka hijau. Dalam volume besar atau sekadar penghijauan privat di rumah sendiri.

Namun yang lebih utama adalah manfaat kesehatan.

Dengan budi daya sendiri, warga bisa mengonsumsinya setiap hari. Untuk sayur atau dipakai jamu.

Baca juga: Blusukan ke Kampung, Pj Bupati Sidoarjo Ikut Mengecat Trotoar dan Mengeruk Sampah di Saluran Air

Baca juga: BHS Blusukan ke Pasar Rebo Sukodono Sidoarjo, Disambati Warga Soal Permodalan dan Sampah di Sungai

"Daun kelor sangat bermanfaat bagi kesehatan. Di antaranya mengandung vitamin D sepuluh kali lipat yogurt, vitamin C tujuh kali lipat jeruk, juga ada kalium, zat besi, selenium dan lainnya. Itu yang harus diketahui masyatakat agar makin banyak yang menanam daun kelor," imbuh Cabup Sidoarjo nomor urut 1 ini.

Karenanya, BHS menyarankan kepada masyarakat untuk budi daya atau sekadar menanam kelor di rumahnya. Apalagi, Sidoarjo sangat cocok untuk ditanami tumbuhan ini.

"Daun kelor juga bisa mencegah Covid-19 karena ada kandungan selenium dan zat besinya," imbuh mantan anggota DPR RI itu.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved