Breaking News:

Pilkada Ponorogo

KPU Tetapkan 759.045 Pemilih dalam DPT Pilkada Ponorogo 2020, Kecamatan Pudak Paling Sedikit

KPU Ponorogo menetapkan 759.045 pemilih dalam DPT Pilkada Ponorogo 2020. Jumlah menurun: sejumlah pemilih yang terdaftar di DPS tidak memenuhi syarat.

Penulis: Sofyan Arif Candra Sakti | Editor: Hefty Suud
SURYA/AHMAD ZAIMUL HAQ
Ilustrasi - Pilkada 2020. 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Sofyan Arif Candra

TRIBUNJATIM.COM, PONOROGO - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Ponorogo telah menetapkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) untuk Pilkada Ponorogo 2020.

Informasi yang dihimpun TribunJatim.com, KPU Ponorogo menetapkan 759.045 pemilih dalam DPT.

Dari jumlah tersebut, 373.141 pemilih berjenis kelamin laki-laki dan 385.904 pemilih berjenis kelamin perempuan.

Baca juga: KuLo Kota Batu Disiplin Protokol Kesehatan, Jadi Andalan Jasa Antar Jemput Barang Selama Pandemi

Baca juga: 3 Kelemahan Timnas Indonesia U-19 yang Jadi Sorotan Shin Tae-yong

Divisi Perencanaan data dan Informasi, KPU Ponorogo, Ali Mahfud mengatakan jumlah tersebut turun dari jumlah Daftar Pemilih Sementara (DPS), yaitu sebanyak 761.977 pemilih.

"Ada penurunan jumlah dari DPS yaitu untuk laki-laki sebanyak 1.390 pemilih dan perempuan 1.542 pemilh, jika ditotalkan selisih DPS dengan DPT adalah 2.932 pemilih," kata Ali, Rabu (21/10/2020).

Penurunan jumlah tersebut dikarenakan sejumlah pemilih yang terdaftar di DPS tidak memenuhi syarat (TMS) yang disebabkan ada data yang ganda, atau yang bersangkutan telah meninggal dunia, masuk TNI-POLRI dan alasan lainnya.

Baca juga: 11 Bacaan Sholawat Memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW 2020, Lengkap Ada Artinya dan Kegunaannya

Baca juga: SIMAK DAFTAR LENGKAP 25 Zona Hijau Covid-19 di Indonesia, Sudah Bebas Corona, Jawa Masih Belum

"Jumlah pemilih tersebut tersebar di 2.080 TPS se Ponorogo. Ini juga sekaligus menjalankan amanah PKPU, yang mana di masa Pandemi ini, dalam satu TPS paling banyak ada 500 pemilih," lanjutnya.

Dalam sebarannya, pemilih terbanyak berada di Kecamatan Ponorogo dengan jumlah 58.020 pemilih yang disusul Kecamatan Babadan dengan jumlah 54.456 pemilih lalu Kecamatan Sawoo dengan jumlah 49.904 Pemilih dan disusul kecamatan lainnya.

Sedangkan kecamatan dengan jumlah pemilih paling sedikit adalah Kecamatan Pudak dengan jumlah 7.548 pemilih.

Lebih lanjut, Ali menjelaskan, dalam tahapan tanggapan masyarakat dan uji publik DPS, sebenarnya ada 4.628 pemilih yang dicoret dari DPS namun juga ada tambahan pemilih yang merupakan saran dari masyarakat baik secara langsung maupun saat pleno di sejumlah tingkat yaitu sejumlah 1.696 pemilih, sehingga jika dihitung, angka DPT turun 2.932 pemilih jika dibandingkan DPS.

"Nantinya DPT ini akan dicetak dan ditempelkan di tempat strategis agar masyarakat bisa mengecek. Kalau ada yang belum terdaftar, pada hari H bisa menggunakan hak pilihnya dengan membawa KTP elektronik dan akan masuk pada daftar pemilih tambahan," lanjutnya.

Sedangkan untuk calon pemilih yang berhalangan hadir di TPS yang telah ditetapkan, yang bersangkutan bisa pindah ke TPS yang diinginkan namun harus mengurus terlebih dulu ke PPS atau KPU Ponorogo paling lambat H-1 atau H-2 sebelum coblosan yaitu 9 Desember 2020.

Penulis: Sofyan Arif Candra Sakti

Editor: Heftys Suud

Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved