Breaking News:

Antisipasi Banjir, BPBD Magetan Angkat Puluhan Ton Sampah RT dari Dalam Sungai Mangge

Anggota BPBD Kabupaten Magetan dibantu berbagai berbagai elemen masyarakat dan sukarelawan membersihkan sungai mangge, Kecamatan Barat, Magetan.

Penulis: Doni Prasetyo | Editor: Pipin Tri Anjani
SURYA/DONI PRASETYO
Personil BPBD Kabupaten Magetan, Jawa Timur bersama sukarelawan terjun ke sungai langsung membersihkan sampah di sungai Mangge, Kecamatan Barat, Kabupaten Magetan, Jawa Timur, antisipasi banjir dimusim penghujan ini. 

TRIBUNJATIM.COM, MAGETAN - Sampah dan kepedulian lingkungan, sejak dahulu menjadi masalah yang tiada henti hentinya digalakan.

Namun, hingga kini kepedulian lingkungan, tentang kesadaran masyarakat membuang sampah sangat kecil atau masyarakat kurang peduli terhadap kebersihan lingkungan dengan membuang sampah sembarangan, terutama dialiran sungai.

Anggota BPBD Kabupaten Magetan dibantu berbagai berbagai elemen masyarakat dan sukarelawan membersihkan Sungai Mangge, Kecamatan Barat, Kabupaten Magetan, Jawa Timur.

Terutama sampah yang menyangkut di pondasi jembatan, yang membuat air berhenti mengalir dan menjadikan banjir dan ancaman robohnya jembatan.

Baca juga: VIRAL Pengantin Wanita Minta Mahar Nyeleneh, Bukan Uang Emas, Kades Protes Lihat Rupa Maskawin

Baca juga: VIRAL Kisah Pasutri Baru Nikah Sehari, Nyawa Ditelan Maut, Niat Pamer Cincin Kawin Pupus Seketika

"Dibawah jembatan Sungai Mangge ini terbanyak sampah rumah tangga, lainnya bambu yang menyangkut di pondasi jembatan,"kata Agus, Koordinator Lapangan (Korlap) BPBD Kabupaten Magetan, Jawa Timur kepada Surya (grup TribunJatim.com), Rabu (4/11).

Menurut Agus, pembersihan sampah yang menyangkut pondasi jembatan mencapai berat sampai sepuluh ton.

Jembatan ini belum satu bulan sampah yang menyumpal dibawah jembatan pondasi mencapai delapan sampai 10 ton sampah.

"Kebanyakan sampah rumahtangga, baru sampah kayu dan bambu tanaman yang biasa ada dibibir sungai untuk antisipasi erosi," ujarnya.

Dikatakan Agus, sampah sampah yang menyumpal dibawah jembatan, karena tersangkut pondasi jembatan, bukan saja dari warga dekat sungai, tapi bisa juga karena sampah yang dibawah air bah dari hujan yang berlangsung, Selasa (3/11) kemarin," kata Agus.

Baca juga: Tangis Penjual Ikan Dicerai via WhatsApp, Suami Pilih Pelakor yang Lebih Kaya, Kamu Lupa Semuanya

Baca juga: Tragedi Suami Minum 1 Obat sebelum Berhubungan Badan, Istri Hampir Meninggal, Dokter Syok Kuak Fakta

Dikatakan Agus, wilayah sungai mangge ini sering dilanda banjir air bah, tumpahan dari singai Mangge karena air tidak bisa mengalir tersumpal tumpukan sampah.

"Saya sangat menyayangkan sikap warga yang tiada kepedulian bersih lingkungan, dengan membuang sampah disungai sehingga bila hujan tiba terjadi banjir air bah, efek air tidak mengalir. Kecuali itu, ancaman kepada keberadaan jembatan. Karena sampah menyumpal di pondasi jembatan," kata Agus.

Rencananya, bersih bersih sungai ini akan rutin dilakukan sebagai antisipasi banjir di musim penghujan ini.

"Tidak hanya antisipasi banjir, tapi juga antisipasi mudah rusaknya jembatan di musim penghujan yang mulai datang ini. Karena meski di sebagian besar wilayah Kabupaten Magetan, Jawa Timur adalah pegunungan, Magetan juga langganan banjir," kata Agus. (SURYA/Doni Prasetyo)

Editor: Pipin Tri Anjani

Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved