Pilwali Surabaya 2020

Hasil Perolehan Suara TPS Gubernur Khofifah, Pasangan MA-Mujiaman Unggul

Petugas KPPS di TPS 25 Kelurahan Jemurwonosari Kecamatan Wonocolo Kota Surabaya telah selesai menghitung perolehan suara Pilwali Kota Surabaya

Penulis: Fatimatuz Zahroh | Editor: Januar
TribunJatim.com Anugrah Fitra Nurani
Pilkada Surabaya 2020 Eri Cahyadi vs Machfud Arifin 

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Petugas KPPS di TPS 25 Kelurahan Jemurwonosari Kecamatan Wonocolo Kota Surabaya telah selesai menghitung perolehan suara Pilwali Kota Surabaya, Rabu (9/12/2020), siang. 

TPS 25 ini merupakan tempat Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa  menyalurkan hak pilih dalam Pilkada Serentak tahun 2020 pagi ini. 

Hasil akhir perhitungan suara di TPS 25 menunjukkan unggul bagi pasangan calon nomor urut 2 Machfud Arifin dan Mujiaman. Dari data rekapan perhitungan suara di TPS tersebut pasangan Machfud Mujiaman memperoleh suara sebanyak 104 suara. 

Baca juga: Hasil Pilkada Kota Blitar 2020, Pasangan Santoso-Tjutjuk Unggul di TPS Calon Wali Kota Henry

Sedangkan pasangan calon nomor urut 1, Eri Cahyadi dan Armuji memperoleh suara sebanyak 92 suara. Hanya terpaut 12 suara dibandingkan lawannya. 

Lebih lanjut Ketua KPPS TPS 25 M Abdul Aziz mengatakan bahwa total ada sebanyak 210 pemilih yang menyalurkan hak pilihnya hari ini. Jumlah pemilih tersebut hanya 45 persen dari total daftar pemilih di TPS tersebut yaitu sebanyak 457 orang. 

"Sebenarnya daftar pemilih di TPS kami ada 456 orang. Tapi ketambahan pemilih yang pindah memilih di sini satu orang jadi 457 orang. Tapi yang menyalurkan hak pilih hari ini ada 210 orang saja," kata Aziz. 

Ia menjelaskan bahwa dari jumlah 210 pemilih tersebut, ada sebanyak 14 suara yang tidak sah. Semua sudah dihitung dan telah diawasi oleh saksi maupun pengawas. 

Lebih lanjut terkait jumlah pemilih yang terbilang sedikit, Aziz menegaskan bahwa ada beberapa hal yang menjadi pengaruh. Pertama adalah cuaca yang memang hujan, sehingga turut berpengaruh pada antusiasme pemilih datang ke TPS. 

"Dari segi penerapan protokol kesehatan, semua alhamdulillah sudah memenuhi syarat. Masyarakat yang masuk ke TPS sudah diukur suhu tubuhnya dan menerapkan protokol kesehatan," tegas Aziz. 

(fz/fatimatuz zahroh) 

Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved