Breaking News:

Serius dalam Pembangunan Data, Pemkab Nganjuk Fokus Bangun Data Kelembagaan Daerah

Pemkab Nganjuk fokus pembangunan data daerah yang diarahkan pada kelembagaan data. Hal itu sebagai wujud keseriusan Pemkab Nganjuk membangun data.

ISTIMEWA/TRIBUNJATIM.COM
Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Nganjuk, Slamet Basuki saat memberikan pemaparan dalam seminar standarisasi data dan metadata Kabupaten Nganjuk, 2020. 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Achmad Amru Muiz

TRIBUNJATIM.COM, NGANJUK - Pemkab Nganjuk fokus pembangunan data daerah yang diarahkan pada kelembagaan data.

Hal itu sebagai wujud keseriusan Pemkab Nganjuk dalam membangun data Kabupaten Nganjuk.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Nganjuk, Slamet Basuki menjelaskan, ada tiga aspek yang menjadi perhatian utama dalam pembangunan data tersebut. Yakni aspek regulasi, manajemen, dan teknis.

"Secara regulasi telah ditetapkan Perbup tentang Satu Data Indonesia Tingkat Daerah. Terkait manajemen telah dibentuk Tim Pengelola Data Tingkat Kabupaten dan semua OPD juga sudah membentuk Tim Pengelola Data Perangkat Daerah," kata Slamet Basuki, Rabu (9/12/2020).

Dijelaskan Slamet Basuki, dalam pembangunan data tersebut, eselon IV dan eselon III di setiap OPD menjadi Unit Data. Sekretaris OPD sebagai Sekretaris Tim, dan Kepala OPD menjadi Ketua Tim yang bertanggung jawab atas kinerja data OPD.

Baca juga: Hasil Pilkada Trenggalek 2020, Datang ke Trenggalek, Bupati Nganjuk Ucapkan Selamat pada Ipin-Syah

Baca juga: Ringankan Beban Warga Terdampak Covid-19, Polres Nganjuk Salurkan Bansos 10 Ton Beras

"Tim Pengelola Data OPD ditetapkan dengan keputusan kepala OPD," ucap Slamet Basuki.

Ditambahkan Slamet Basuki, saat ini Diskominfo dan OPD tengah menyusun standar data dan metadata serta memproses aplikasi data terpadu untuk Desember 2020. Standar data dan metadata tersebut akan menjadi acuan mencari dan memverifikasi data OPD.

Memang, diakui Slamet Basuki, untuk target 2021 pembangunan data Kabupaten Nganjuk juga akan fokus pada validitas data, peningkatan sumber daya manusia (SDM) OPD, dan pemanfaatan data. Setiap bulan nantinya akan ada desk verifikasi data OPD.

"Kami akan menggandeng mitra ketiga yang berpengalaman data untuk membantu melakukan verifikasi data," ucap Slamet Basuki.

Baca juga: Sempat Terputus, Akses Jalan ke Wisata Sedudo Nganjuk yang Tertimbun Tanah Berhasil Dibersihkan

Baca juga: Wujudkan Hutan Kota Representatif, Pemkab Nganjuk Gelar Lomba Desain Hutan Kota

Saat ini, menurut Slamet Basuki, desk verifikasi selain memvalidasi data, juga digunakan untuk transfer ilmu kepada Unit Data OPD. Dan tim Desk Verifikasi akan memeriksa, apakah Unit Data eselon IV OPD disiplin update data atau tidak.

"Tahun 2021, Diskominfo menargetkan penyusunan data dinamis daerah setiap triwulan. Data dinamis berisi capaian kinerja RPJMD di tahun berjalan. Setiap tiga bulan dihitung capaian kinerja," tutur Slamet Basuki.

Editor: Dwi Prastika

Penulis: Achmad Amru Muiz
Editor: Dwi Prastika
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved