Breaking News:

Magetan Mulai Dirikan Posko Gabungan di Daerah Bencana Longsor

Mulai awal musim penghujan datang, apalagi Magetan, Jawa Timur (Jatim) salah satu wilayah di Jatim, sesuai Badan Meteorologi, Klimatologi,

Surya/ Doni Prasetyo
Posko Darurat Bencana Gabungan, BPBD, sukarelawan, TNI/Polri, dan masyarakat setempat ini didirikan di daerah rawan bencana longsor di Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan, Jawa Timur. 

TRIBUNJATIM.COM, MAGETAN - Mulai awal musim penghujan datang, apalagi Magetan, Jawa Timur (Jatim) salah satu wilayah di Jatim, sesuai Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika ( BMKG) masuk wilayah yang diramalkan dilanda cuaca ekstrim.

Untuk antisipasi ini, tim gabungan yang didirikan dari BPBD, TNI/Polri, sukarelawan dan masyarakat setempat mendirikan Posko gabungan di wilayah yang menjadi langganan bencana longsor yakni Kecamatan Plaosan dan Poncol.

Menurut Kapolsek Poncol, Resor Magetan AKP Suwadi, ramalan BMKG adanya cuaca ekstrim yang melanda sebagian besar wilayah Jawa Timur, termasuk melanda Kabupaten Magetan, menjadikan aparat dan masyarakat stempat berinisiatif bangun mendirikan Posko Darurat bencana gabungan di wilayah rawan bencana longsor di Magetan.

"Posko ini diharapkan, agar petugas lebih dekat menjangkau wilayah bencana alam," kata Kapolsek AKP Suwadi kepada TribunJatim.com.

Dikatakan AKP Suwadi, Posko Darurat Bencana ini beranggotakan dari BPBD, Sukarelawan, TNI/Polri dan masyarakat setempat. Posko Darurat Bencana ini, berlangsung selama tiga bulan kedepan.

Baca juga: Jelang Natal dan Tahun Baru, Polda Jatim Siapkan 8 Ribu Lebih Personel dalam Operasi Lilin Semeru

Baca juga: TANGIS Pedih Gadis Cantik Gagal Nikah karena Diselingkuhi, Peluk Orang Tua, Calon Suami: Tanpa Rasa

Baca juga: Maling Toko Kelontong di Surabaya Kepergok Korbannya, Dikejar Sampai Tertangkap

"Diharapkan petugas lebih siap dan lebih mudah menjangkau wilayah bencana alam, khususnya di wilayah area pegunungan Kecamatan Poncol dan Plaosan," kata AKP Suwadi kepada TribunJatim.com.

Saat ini, lanjut AKP Suwadi, cuaca ekstrim melanda wilayah Kabupaten Magetan, Jawa Timur dan sekitar. Diharapkan bisa menjadi kewaspadaan masyarakat di wilayah Kecamatan Poncol dan Plaosan yang wilayahnya berada di pegunungan.

"Cuaca ini menjadi kewaspadaan masyarakat, agar bisa lebih berhati hati saat hujan lebat turun. Wilayah Magetan masuk zona merah, rawan bencana alam," kata Kapolsek Poncol AKP Suwadi.

Dikatakan AKP Suwadi, berbagai upaya antisipasi bencana alam dilakukan petugas gabungan. Setiap hari Posko dijaga petugas piket gabungan selama 24 jam.

"Tidak hanya petugas tanggap bencana tapi juga peralatan penanganan bencana alam, mulai peralatan ringan sampai alat berat, standby," punkas Kapolsek Poncol AKP Suwadi. (tyo/Tribunjatim.com)

Penulis: Doni Prasetyo
Editor: Yoni Iskandar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved