Breaking News:

Virus Corona di Magetan

Mobil PCR Kabupaten Magetan Siap Beroperasi, Dinkes: Cairan Pereaksi Kimia Tes Swab Covid-19 Ready

Cairan pereaksi kimia untuk menentukan hasil tes swab Covid-19 sudah datang. Dinas Kesehatan Kabupaten Magetan: mobil PCR segera dioperasikan kembali.

SURYA/DONI PRASETYO
Mobil Polymerase Chain Reaction (PCR) yang diparkir di Instalasi Gudang Farmasi, sesuai keterangan Ketua Tim Penanggulangan Covid 19, Dinas Kesehatan Kabupaten Magetan, Didik SM, tidak mangkrak. Namun di parkir karena kehabisan reagen atau reaktan, cairan pereaksi kimia untuk menentukan hasil SWAB Covid-19.  

TRIBUNJATIM.COM, MAGETAN - Reaktan atau reagen, cairan pereaksi kimia untuk menentukan hasil tes swab Covid-19, sudah datang.

Untuk itu, mobil Polymerase Chain Reaction (PCR), seharga Rp 4 miliar yang test kit nya buatan perusahaan manufaktur perangkat medis yang berbasis di Shenzhen, Provinsi Guangdong, Cina, satu-satunya di Jawa Timur segera di fungsikan kembali.

Menurut Ketua Tim Penanggulangan Covid 19, Dinas Kesehatan Kabupaten Magetan, Jawa Timur, Didik Setyo Margono, cairan reagen yang beberapa waktu lalu habis, kini sudah ada, sejak pekan ini.

Baca juga: PT KAI Daop 8 Surabaya Masih Wajibkan Penumpang KA Jarak Jauh Rapid Test Antibodi, Bisa di Stasiun

Baca juga: Veronica Tan Masih Sisakan 3 Foto Kenangan Bersama Ahok di IG & Tak Difollow Sang Mantan Suami

"Siapa yang mengatakan mobil PCR mangkrak, mobil PCR tidak dioperasionalkan karena reagen habis. Kalau sekarang reagen, sudah ready. Kamis (17/12/2020) kemarin, reagen sudah datang. Mobil PCR segera bisa dioperasikan kembali,"kata Didik SM kepada TribunJatim.com, Minggu (20/12).

Didik juga menyangkal kalau hasil PCR di mobil laboratorium yang test kit-nya buatan perusahaan manufaktur perangkat medis yang berbasis di Shenzhen, Provinsi Guangdong, China, itu tidak akurat. 

"Dasar komentar kalau PCR di mobil laboratoriun tidak akurat, itu apa?" tanya Didik kembali, yang kesehariannya menjabat sebagai Kepala Bidang Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Linkungan(P2PL) Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Magetan ini.

Baca juga: BPN Bagikan 300 Sertifikat PTSL pada Warga Ngadi Kabupaten Kediri, Kepala Desa: Simpan Baik-baik

Baca juga: Petualangan Pemuda Arungi Lautan dari Balikpapan ke Malang Pakai Galon Tamat, Ini Cerita Lengkapnya

Diterangangkan, kalau mobil PCR kehabisan reagen itu setelah berita mobil PCR seharga Rp 4 miliar itu ramai diberitakan mangkrak di media cetak dan elektronik.

Pasalnya, setelah di luncurkan Bupati Magetan, Jawa Timur Suprawoto, mobil PCR itu tidak kelihatan lagi.

Kemudian ada informasi, ada warga Kelurahan Maospati, Kabupaten Magetan yang dicurigai terpapar virus Corona  ( Covid 19 ) mengeluh.

Halaman
12
Penulis: Doni Prasetyo
Editor: Hefty Suud
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved