Breaking News:

Virus Corona

Cek Kriteria Penerima Vaksin Covid-19 dari PAPDI, Tidak Semua Pasien dengan Komorbid Bisa Divaksin

PAPDI terbitkan surat rekomendasi kriteria penerima vaksin Covid-19. Tak semua pasien dengan komorbid bisa mendapatkan vaksin.

Shutterstock
ILUSTRASI - vaksin virus Corona ( Covid-19 ). 

TRIBUNJATIM.COM - Vaksin virus Corona ( Covid-19 ) sudah ditunggu-tunggu oleh masyarakat Indonesia, termasuk di Jawa Timur.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan bahwa pemerintah sudah pasti mendapatkan 330 juta dosis vaksin Covid-19.

Disamping itu, Pengurus Besar Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (PB PAPDI) menerbitkan surat rekomendasi kriteria penerima vaksin Covid-19 dengan penyakit penyerta atau komorbid.

Dalam rekomendasi itu, PAPDI mengingatkan tak semua pasien dengan komorbid bisa mendapatkan vaksin Covid-19.

Tertulis ada pasien dengan penyakit penyerta atau komorbid yang layak divaksin Covid-19, belum layak memperoleh, bahkan tidak dapat memperoleh vaksin Covid-19.

PAPDI menyusun rekomendasi tersebut berdasarkan data publikasi fase I/II mengenai Sinovac, data uji fase III di Bandung berupa proposal dan catatan pelaku lapangan yang terlibat dalam uji klinis.

Serta atas dasar data uji vaksin inactivated lainnya yang sudah lengkap (seperti vaksin influenza, dsb), sedangkan data vaksin inactivated Covid-19 (Sinovac) belum lengkap.

Rekomendasi juga disusun spesifik untuk Sinovac, sehingga dapat berubah sesuai dengan perkembangan laporan data uji klinis Sinovac tersebut.

Dalam surat yang ditandatangani Ketua Umum PB PAPDI Sally Nasution pada 18 Desember 2020 itu, ditekankan pula pada individu yang akan divaksin, jika terdapat lebih dari 1 komorbid/ penyakit penyerta dan salah satunya belum layak divaksin, maka akan dipilih yang belum layak.

- Daftar Pasien Komorbid yang Layak Menerima Vaksin Covid-19

Halaman
12
Editor: Hefty Suud
Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved