Breaking News:

Amien Rais Deklarasi Partai Ummat

80 Persen Pemilihnya Disebut Pindah ke Partai Ummat, PAN Jatim: Mending Bahas Partai yang Eksis Saja

Partai Amanat Nasional (PAN) Jawa Timur menanggapi santai soal klaim eksodus kadernya ke Partai Ummat.

Penulis: Bobby Constantine Koloway | Editor: Januar
TribunJatim.com/ Bobby Constantine Koloway
PAN Jatim ogah tanggapi isu eksodus kader ke Partai Ummat 

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Partai Amanat Nasional (PAN) Jawa Timur menanggapi santai soal klaim eksodus kadernya ke Partai Ummat

PAN Jatim memilih konsolidasi internal .

"Kami tak dengar (soal perpindahan). Jangankan itu, soal Partai Ummat saja juga nggak dengar sebab kami memilih fokus di PAN," kata Anggota Tim Formatur pembentukan pengurus PAN Jatim, Achmad Rubaie di Surabaya.

Saat ini, partainya memilih fokus konsolidasi internal. Sebab, berbagai target telah menanti di depan mata.

Mulai dari potensi kenaikan Parliamentary Threshold (ambang batas parlemen) sekaligus menaikkan potensi suara. Apalagi, PAN juga harus berhadapan dengan partai besar lainnya, termasuk partai baru.

Baca juga: Sebut 80 Persen Pemilih PAN Pindah Haluan, Partai Ummat Jatim Rencanakan Deklarasi Awal Tahun

Sejak saat ini, partai besar lainnya telah melakukan persiapan. PAN pun demikian dengan mematangkan susunan pengurus partai  di Jatim sebagai lokomotif utama menuju target partai.

"Jadi, PAN mending dikaitkan dengan partai yang besar-besar itu.  Kami sudah seharusnya disandingkan dengan itu (partai besar). Jangan justru dengan partai yang belum ada," sebutnya.

Pihaknya memastikan partainya siap berkompetisi secara sehat dalam gelaran pesta demokrasi nantinya. Oleh karenanya, persiapan dilakukan sejak jauh hari.

"Kalau (partai) yang belum ada, saya nggak tahu. Prinsipnya, kami ingin menjaga rivalitas yang sehat dalam rangka berkhidmat kepada negara," kata pria yang juga Ketua Harian PAN Jatim terpilih ini. 

Sebelumnya, pernyataan perpindahan arus dukungan pemilih dari PAN ke Partai Ummat disampaikan salah satu calon inisiator Partai Ummat Jatim, Sugeng. Menurutnya, sejumlah mantan Pengurus PAN Jatim yang telah mengundurkan diri akan bergabung ke Partai Ummdiri

Sebagai mantan Ketua Majelis Pertimbangan Partai (MPP) PAN Jatim pihaknya mengaku mengetahui peta politik internal saat ini. Mayoritas pemilih telah meninggalkan PAN.

"Teman-teman PAN sebenarnya sudah sangat paham. 80 persen pemilih PAN beralih ke Partai Ummat," klaim Sugeng optimis.

Perpindahan arus dukungan tersebut tak lepas dari figur Amien Rais. Pemilih PAN mendukung partai berlambang matahari bersinar ini pun karena figur Amien Rais.

Pun ketika Amien Rais mendirikan Partai Ummat, para pemilih loyal pun akan beralih. "Sama seperti PDI Perjuangan yang melihat sosok Megawati. Pemilih PAN pun tak lepas dari figur Amien Rais," katanya.

Pun demikian pula dengan suara Muhammadiyah sebagai basis pemilih loyal PAN. "Kami tak menyebut 100 persen, namun mayoritas akan beralih," katanya. (bob) 

Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved