Breaking News:

Prabowo Godok Calon Ketua Definitif Gerindra Jatim, Sejumlah Kriteria Jadi Acuan

Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto sedang menyiapkan nama Ketua Definitif DPD Gerindra Jawa Timur

ANDREAS LUKAS ALTOBELI via Kompas.com
Prabowo Subianto. 

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto sedang menyiapkan nama Ketua Definitif DPD Gerindra Jawa Timur.

Sejumlah kriteria Ketua DPD harus bisa dipenuhi oleh para kandidat.

"Memang, DPP yang akan memproses Ketua definitif. Tentu, akan ada jalurnya (mekanismenya)," kata Ketua Dewan Eksekutif Majelis Kehormatan Partai DPP Gerindra, Habiburokhman kepada TribunJatim.com, Senin (4/1/2020).

Dalam mekanisme di Gerindra, DPP menjadi satu-satunya unsur yang akan menentukan Ketua DPD definitif. 

"Berdasarkan Anggaran Dasar maupun Anggaran Rumah Tangga, tetap Pak Prabowo (Prabowo Subianto, Ketua Umum Gerindra) yang akan menentukan," kata Habiburokhman yang juga  Wakil Ketua Umum bidang Hukum dan Advokasi Gerindra Jatim ini.

Baca juga: UPT Puskesmas Pademawu Pamekasan Ditutup Selama 14 Hari, 3 Pegawai Positif Covid-19

Dalam memutuskan nama yang diusung, DPP juga tak menunggu usulan dari daerah. Hak prerogatif memilih Ketua DPD di lingkungan provinsi menjadi kewenangan Prabowo sebagai Ketua Umum sekaligus Ketua Dewan Pembina Gerindra.

Habiburokhman hanya memastikan, bahwa nama kandidat yang kini tengah digodok oleh Prabowo lebih dari satu. "Kalau nama (calon), sudah pasti banyak," ungkapnya.

Namun Habiburokhman enggan menyebut masing-masing nama yang dimaksud. Yang pasti, masing-masing nama tersebut telah dipertimbangkan Prabowo.

"Sebab, yang dimaksud DPP adalah Ketua Dewan Pembina sekaligus Ketua Umum, Pak Prabowo. Mutlak (memilih Ketua DPD) adalah kewenangan beliau," katanya.

Habiburokhman melanjutkan, figur Ketua DPD harus memenuhi sejumlah kriteria. Hal ini juga telah termaktub dalam pedoman organisasi.  "Kriteria itu sudah jelas ada di Ad/Art," katanya.

Halaman
12
Penulis: Bobby Constantine Koloway
Editor: Januar Adi Sagita
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved