Yakin Tak Ganggu Kinerja Halim Iskandar Sebagai Menteri, Ini Strategi PKB Maksimalkan Kerja Partai

Optimistis tak mengganggu kinerja Halim Iskandar sebagai menteri, begini strategi PKB Jawa Timur memaksimalkan kerja partai.

ISTIMEWA/TRIBUNJATIM.COM
Ketua DPW PKB Jawa Timur, Abdul Halim Iskandar, saat memberi sambutan pada acara Musyawarah Wilayah (Muswil) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Jawa Timur, Sabtu (9/1/2021). 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Bobby Constantine

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Forum Musyawarah Wilayah (Muswil) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Jawa Timur resmi memilih Abdul Halim Iskandar sebagai Ketua DPW PKB Jatim.

Abdul Halim Iskandar yang kini menjabat sebagai Menteri Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes dan PDTT) diyakini akan tetap optimal dalam melaksanakan tugas partai maupun kerja di kabinet.

Sekretaris DPW PKB Jatim hasil Muswil, Anik Maslachah menjelaskan, sistem kepemimpinan di DPW PKB Jatim bersifat kolektif kolegial. Mereka memperkuat fungsi para Wakil Ketua DPW. 

"Kami memanfaatkan jabatan wakil ketua untuk memanfaatkan pembinaan ke masing-masing kabupaten/kota," kata Anik di Surabaya, Senin (11/1/2021).

Dalam struktur DPW PKB Jatim, jabatan Wakil Ketua DPW juga diisi sejumlah figur penting. Di antaranya kepala daerah.

"Sehingga, beberapa kabupaten/kota akan menjadi satu zona. Tiap zona akan ada penguatan pembinaan oleh struktur," kata Anik yang juga Wakil Ketua DPRD Jatim ini.

Baca juga: 1.677 Personel Gabungan Siaga Selama PPKM Jatim, Ada Penyekatan di 3 Titik Akes Masuk ke Surabaya

Baca juga: Muncul Harapan Daerah Agar Anwar Sadad Jadi Pemimpin Gerindra Jawa Timur Definitif

Sistem koordinasi akan diperkuat dengan laporan secara berkala ke Ketua DPW yang banyak berada di Jakarta.

"Kami memperkuat fungsi koordinatif antarstruktur," katanya.

Bukan hanya kali ini, Anik menyebut, evaluasi selama setahun Halim memimpin kementerian sembari menjadi Ketua Partai PKB Jatim, sistem organisasi juga tetap berjalan.

"Justru, hal ini menambah semangat kami untuk terus berkhidmat kepada rakyat," kata Anik yang juga Ketua Perempuan Bangsa Jatim sebagai sayap DPW PKB Jatim ini.

Baca juga: Menang di Pilkada Kabupaten Blitar 2020, PKB: Bobotnya Setara Menang di Lima Daerah

Baca juga: Anggota Fraksi Golkar DPRD Jatim Sabron Djamil Pasaribu Meninggal, Sarmuji: Kehilangan Kader Terbaik

Untuk diketahui, Musyawarah Wilayah (Muswil) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Jawa Timur, Sabtu (9/1/2021) memutuskan memilih kembali Abdul Halim Iskandar sebagai Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PKB Jatim. Ia akan didampingi dua figur baru di posisi sekretaris dan bendahara.

Untuk posisi Sekretaris DPW akan dijabat Anik Maslachah yang menggantikan sekretaris periode sebelumnya, Badrut Tamam yang kini menjadi Bupati Pamekasan. Anik saat ini menjabat Wakil Ketua DPRD Jatim.

Di PKB, Anik juga merupakan Ketua Perempuan Bangsa Jatim sebagai organisasi sayap PKB yang mewadahi perempuan. Sebelumnya, ia juga menjabat Wakil Ketua DPW PKB Jatim.

Sedangkan Bendahara DPW PKB Jatim dijabat Fauzan Fuadi. Fauzan saat ini juga menjabat Ketua Fraksi PKB DPRD Jatim.

Baca juga: Tak Ada Kenaikan Tarif Dasar Listrik, 6 Juta Pelanggan di Jawa Timur Masih Nikmati Stimulus

Baca juga: PDI Perjuangan Jatim Tanam Pohon dan Bersih-bersih Sungai pada Peringatan HUT Partai ke-48

Anik dan Fauzan akan banyak mendampingi Halim Iskandar sebagai Ketua DPW PKB Jatim. Halim saat ini juga menjabat Menteri Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) di Kabinet Indonesia Maju Presiden Joko Widodo-KH Maruf Amin.

Dengan terpilihnya kembali Halim sebagai Ketua DPW PKB Jatim, maka kakak kandung Abdul Muhaimin Iskandar (Ketua Umum PKB) ini terpilih untuk ketiga kalinya di posisi yang sama.

Mantan Ketua DPRD Jatim ini menjabat Ketua DPW PKB Jatim sejak 2011 lalu.

Editor: Dwi Prastika

Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved