Breaking News:

Virus Corona di Surabaya

FK Unair Ciptakan Aplikasi 'DokterSafe', Upaya Tekan Angka Kematian Tenaga Kesehatan di Masa Pandemi

Tim FK Universitas Airlangga Surabaya dan Ikatan Dokter Indonesia kembangkan aplikasi DokterSafe. Lindungi tenagah medis di tengah pandemi Covid-19.

Penulis: Zainal Arif | Editor: Hefty Suud
SURYA/MOHAMMAD ZAINAL ARIF
Konferensi Pers Pengenalan Aplikasi DokterSafe (dari kiri) dr Muhammad Yusuf Sp OG(K) selaku Manager Eksternal, Prof Dr dr Budi Santoso Sp OG(K) selaku Supervisor sekaligus Dekan Fakultas Kedokteran Unair, Dr dr AC Romdhoni Sp THT-KL selaku Supervisor di Kantor Ikatan Dokter Indonesia Surabaya, Jumat (15/1/2021). 

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Tim Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Airlangga Surabaya (Unair) dan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) berhasil mengembangkan sebuah aplikasi DokterSafe.

Aplikasi tersebut dikhususkan untuk dokter dan tenaga medis, sebagai perlindungan dalam menghadapi pandemi virus Corona ( Covid-19 ).

Aplikasi yang baru akan diluncurkan secara resmi pada Minggu (17/1/2021) ini digunakan sebagai media informasi, komunikasi dan edukasi terupdate mengenai penanganan Covid-19 yang dinamis.

Baca juga: Zona Merah Covid-19 Jatim Bertambah, Gubernur Khofifah Perluas Daerah PPKM Jadi 15 Kabupaten/Kota

Baca juga: Kepala BPJS Kesehatan Surabaya Imbau Warga Turut Serta Sukseskan Vaksinasi Covid-19

Aplikasi ini menyediakan akses informasi situasi dan kondisi terkini penyakit Covid-19, jumlah kasus, berita terbaru, akses terhadap link-link penting, hotline penting yang dapat dihubungi jika ada dokter dan tenaga medis yang terdampak.

Dekan Fakultas Kedokteran Unair, Prof Dr dr Budi Santoso Sp OG(K) menjelaskan aplikasi DokterSafe menyediakan fitur Self Asasment untuk mendeteksi kondisi dan resiko dokter, tenaga kesehatan bahkan masyarakat umum.

"Untuk mendapatkan hasil yang akurat dibutuhkan kejujuran dalam menjawab pertanyaan Self Assessment, ini penting untuk mengetahui seberapa besar resiko seseorang terpapar Covid-19 terutama yang telah mendapatkan vaksinasi Covid-19," kata Budi saat konferensi pers di Kantor Ikatan Dokter Indonesia Surabaya, Jumat (15/1/2021).

Baca juga: Nonton Online Drama Korea True Beauty Sub Indo Episode 1-10 (On Going), Link Streaming di Sini!

Baca juga: Wagub Emil Pantau Vaksinasi Covid-19 Perdana di Gresik, Doakan Kota Pudah Bebas dari Pandemi

Imbuhnya, "Aplikasi ini dikhususkan untuk dokter dan tenaga medis, namun masyarakat umum juga bisa merasakan manfaat aplikasi ini karena tinggal mendownload secara gratis melalui smartphone di Play Store dan juga akan segera hadir di App Store."

Tak hanya itu, aplikasi ini juga dimanfaatkan sebagai media edukasi atau pembelajaran yang meliputi video, buku standard alat perlindungan diri dan buku-buku standard protokol pelayanan medis terkait Covid-19.

"Terdapat penjelasan bagaimana memasang APD, bagaimana melepas, itu ada panduan yang bisa dilihat di video didalam aplikasi ini. Pada aspek edukasi ini kami juga cantumkan misalnya tentang standar protokol penggunaan APD dari Kemenkes dan lain-lain," terangnya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved