Breaking News:

Hujan Seharian di Kota Batu akibatkan Longsor di Kawasan Payung, Jalur Sempat Terputus

Peristiwa bencana alam longsor kembali terjadi di Kota Batu, Senin (18/1/2021) sekitar pukul 2.30 WIB.

IST/PUSDALOPS BATU
Petugas BPBD Batu mengevakuasi material longsoran di kawasan Jl Brigjen Moh Manan yang terjadi pada Senin (18/1/2021). 

TRIBUNJATIM.COM, BATU – Peristiwa bencana alam longsor kembali terjadi di Kota Batu, Senin (18/1/2021) sekitar pukul 2.30 WIB.

Longsor itu terjadi di Jalan Brigjen Moh Manan, kawasan Payung yang masuk di Kecamatan Batu, Kota Batu.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Batu melaporkan, longsor yang terjadi juga disertai pohon tumbang.

Kasi Logistik dan Kedaruratan BPBD Kota Batu, Achmad Choirul Rochim menerangkan, longsor terjadi karena hujan deras yang merata di Kota Batu pada 17 Januari 2021.

“Hujan deras merata di Kota Batu mengakibatkan tebing jenuh dan terjadi  longsor dengan dimensi panjang 5 m, lebar 3 m dan tinggi 7 m. Pohon dan rumpun bambu di tebing ikut terbawa longsor,” ujar Rochim, Senin (18/1/2021).

Baca juga: Irfan Hakim Terpana Lihat Jenazah Syekh Ali Jaber, Sudah di Depan Mata, Tangis Pecah Katakan Indah

Baca juga: Kasus Covid-19 Melonjak Lagi, China Bangun Rumah Sakit dalam 5 Hari, 6 Lokasi Lain Siap Minggu Depan

Material longsor berupa tanah bercampur batu menutup sebagian jalan. Akses sempat ditutup sehingga jalur dari Batu ke Kecamatan Pujon dialihkan. Beberapa kendaraan memilih untuk bertahan menunggu evakuasi selesai. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut.

Hingga Senin pagi sekitar pukul 5.30, evakuasi masih dilakukan. Evakuasi selesai sekitar pukul 6.00 WIB. Kendaraan bisa melintasi jalur kembali setelah material longsor dibersihkan.

Petugas memberi rambu-rambu peringatan rawan longsor dan pohon tumbang. BPBD Kota Batu juga memberikan imbauan kepada masyarakat untuk lebih waspada dan hati-hati, terutama di waktu turun hujan jika melewati kawasan rawan longsor.

Dalam sepekan terakhir, sejumlah bencana alam longsor terjadi di Kota Batu. Longsor selalu terjadi di Kota Batu setiap kali memasuki musim penghujan. Anggota DPRD Batu, Khamim Tohari turut memberikan kabar kondisi longsoran di kawasan Jl Brigjen Moh Manan. Khamim kebetulan lewat kawasan tersebut saat perjalanan pulang dari Mojokerto menuju Kota Batu.

“Alhamdulillah ada penanganan longsoran yang terjadi,” kata Khamim.

BPBD Kota Batu memetakan, daerah rawan banjir berada di Kecamatan Batu yang notabene wilayah padat pemukiman. Merujuk pada hasil pemetaan itu, potensi banjir di Kecamatan Batu karena wilayah ini berada pada posisi cekungan dan beberapa aliran drainase mengalami sumbatan. (SURYA/Benni Indo)

Editor: Pipin Tri Anjani

Penulis: Benni Indo
Editor: Pipin Tri Anjani
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved