Breaking News:

Tunjukan Persatuan di Tengah Bencana, PJB dan ACT Jatim Bersinergi, Salurkan Bantuan ke Sulbar

Mengawali tahun 2021, Indonesia tengah dihadang bencana di berbagai daerah seperti gempa bumi di Sulawesi Barat, banjir di Kalimantan Selatan, Manado

Istimewa/TribunJatim.com
ACT Jatim dan PJB salurkan bantuan untuk korban bencana 

Reporter: Fikri Firmansyah I Editor: Januar Adi Sagita

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Mengawali tahun 2021, Indonesia tengah dihadang bencana di berbagai daerah seperti gempa bumi di Sulawesi Barat, banjir di Kalimantan Selatan, Manado, dan beberapa wilayah di Pulau Jawa, erupsi Gunung Semeru, longsor di Jawa Barat serta ancaman virus corona yang masih merebak.

Situasi itu pun tentu memberikan tekanan bagi masyarakat Indonesia yang terdampak bencana.

Akan tetapi, situasi positifnya, bangsa Indonesia masih tetap menunjukkan kedermawanan dan persatuannya .

Baca juga: Pejabat Pemkab Jember Saweran untuk Korban Banjir Sebelum Rapat

Ditengah kondisi sulit ini anak bangsa bahu membahu mengirimkan bantuan terbaiknya.

Di Surabaya, tepat hari ini, Selasa (19/1/21), persatuan dan gotong royong dalam membantu korban gempa telah ditunjukan oleh Aksi Cepat Tanggap (ACT) Jatim bersama LAZIS PT Pembangkit Jawa Bali (PJB).

ACT Jatim dan LAZIS PT PJB resmi memberangkatkan truck bantuan dan ambulance ke Sulawesi Barat (Sulbar) guna membantu meringankan beban korban gempa.

PLT Dirut PJB, Sugiyanto mengatakan, untuk Truck box berisi bantuan ratusan paket pangan, obat-obatan dan perlengkapan lain untuk bayi dan lansia.

"Sedangkan, ambulance Pre Hospital yang dikirimkan dilengkapi alat yang cukup, yang mana diharapkan berfungsi untuk menunjang pertolongan pertama pada tanggap bencana," ujar Sugiyanto di Pelabuhan Tanjung Perak, Selasa (19/1/21).

Sugiyanto menjelaskan, Truck dan ambulance yang diberangkatkan melalui Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya Ini adalah pemberangkatan pertama dari program Kapal Kemanusiaan yang akan memuat lebih banyak bantuan.

“Ini adalah bentuk kepedulian direksi PJB atas bencana Gempa Sulawesi Barat dan Banjir Kalimantan Selatan. Insya Allah tahap kedua akan disalurkan lagi lewat ACT," kata dia.

Sugiyanto menambahkan, selain memberikan bantuan gempa di Sulbar, LAZIS PT PJB juga mengirimkan bantuan bagi korban banjir di Kalimantan Selatan yang akan diimplementasikan oleh ACT Cabang Kalimantan Selatan.

Sementara itu, Direktur Marketing ACT, Rohadi menyampaikan ucapan terima kasih dan mengabarkan bahwa donasi akan didistribusikan melalui 3 posko yang ada di Sulawesi Barat, yaitu Posko Induk Makassar, Posko Induk Palu dan Posko Wilayah Mamuju.

Hingga saat ini, sekitar 300.000 relawan Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) terus bergerak untuk membantu para penyintas bencana dengan melakukan beragam aksi yang dibutuhkan.

"Misalnya saja Search and Rescue (SAR), layanan medis, pendistribusian bantuan pangan untuk meringankan beban saudara terdampak bencana," tambah Rohadi.

Penulis: Fikri Firmansyah
Editor: Januar Adi Sagita
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved