Breaking News:

Hari Ini, KPU Kediri Tetapkan Pasangan Mas Dhito dan Mbak Dewi Jadi Bupati dan Wabup Kediri

Calon Bupati Kediri terpilih Hanindhito Himawan Pramana akan ditetapkan oleh KPU Kabupaten Kediri sebagai pemenang pada Pilkada serentak 2020,hari ini

Penulis: Farid Mukarrom | Editor: Yoni Iskandar
farid Mukarrom/Tribunjatim
Debat Publik Pertama Hanindhito Himawan Pramana dan Dewi Maria Ulfa di Gedung Bagawanta Selasa (3/11/2020) 

TRIBUNJATIM.COM, KEDIRI - Calon Bupati Kediri terpilih Hanindhito Himawan Pramana akan ditetapkan oleh KPU Kabupaten Kediri sebagai pemenang pada Pilkada serentak 2020, hari ini, Jumat (22/1/2021).

Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Kediri saat ini sedang melakukan persiapan penetapan pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Kediri yang digelar di Gedung Kilisuci Pemerintah Kabupaten Kediri, pada Jumat (23/1/2021) pukul 09.00 WIB besok.

Komisioner KPU Divisi Teknis Anwar Ansori saat ditemui di kantor mengatakan, penetapan cabup dan cawabup terpilih melalui rapat pleno terbuka.

"Seremonialnya berupa pembukaan. Setelah doa, kemudian diadakan rapat pleno terbuka. Dan penetapan oleh Ketua KPU," ujarnya kepada SURYA.CO.ID Kamis (21/1/2021).

Menurut Anwar panggilan akrabnya penetapan cabup dan cawabup Kediri terpilih didasarkan pada BRPK dari Mahkamah Konstitusi (MK) yang dikirimkan ke KPU RI. Kemudian KPU RI mengirimkan surat ke KPU daerah untuk proses penetapan.

Baca juga: Digugat di MK, Pilkada Lamongan Belum Bisa Ditetapkan Sesuai Jadawal KPU

Baca juga: Siang Ini, Gus Yani - Bu Min Ditetapkan, Langsung Tancap Gas atasi Banjir Kali Lamong

Baca juga: Hal Beda Dirasakan Penggali Makam Syekh Ali Jaber, Momen Dikubur, AA Gym Rasakan Sama: Alhamdulillah

"Untuk persiapan nya Alhamdulillah sudah menata tempatnya dan bagaimana protokolernya. Kami juga sudah mendapat rekomendasi dari Satgas Covid-19 Kabupaten Kediri," ucapnya.

Dalam agenda penetapan tersebut, KPU mengundang Forkopimda termasuk Bupati dan Wakil Bupati Kediri dr. Hj. Haryanti Sutrisno dan Masykuri Ikhsan. Kemudian parpol, Bawaslu, paslon dan LO.

"Setelah kita tetapkan, maka hasil penetapan paslon terpilih disampaikan ke DPRD. Nanti prosesnya DPRD menentukan ke Kementerian Dalam Negeri melalui Gubernur untuk proses selanjutnya," pungkasnya .

Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved