Breaking News:

Virus Corona

Bisa Tes Covid-19 dengan GeNose C19 Sebelum Naik Kereta Api, KAI Daop 8: Harus Penuhi 5 Syarat Ini

PT KAI Daop 8 Surabaya telah memfasilitasi layanan pemeriksaan GeNose C19 di 3 stasiun. Calon penumpang yang menggunakannya harus memenuhi 5 syarat.

TRIBUNJATIM.COM/FIKRI FIRMANSYAH
Calon penumpang saat meniup kantong. Meniup kantong merupakan satu dari lima syarat wajib dalam memanfaatkan fasilitas layanan GeNose C19 di Stasiun Pasar Turi Surabaya. 

Reporter: Fikri Firmansyah | Editor: Heftys Suud

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - PT KAI Daop 8 Surabaya telah memfasilitasi layanan pemeriksaan GeNose C19 di Stasiun Pasar Turi Surabaya, Stasiun Gubeng dan Stasiun Malang.

Pemanfaatan layanan tes virus Corona ( Covid-19 ) dengan GeNose C19 untuk calon penumpang kereta api di tiga Stasiun itu ternyata mempunyai syarat khusus.

"Ada lima syarat yang harus dipenuhi calon penumpang untuk dapat melakukan pemeriksaan GeNose C19 di Stasiun Pasar Turi Surabaya," ujar Manajer Humas PT KAI Daop 8 Surabaya, Luqman Arif, Minggu (28/2/2021).

Baca juga: Sebulan 3 Petugas di Kecamatan Kayen Kidul Kabupaten Kediri Meninggal Karena Covid-19

Baca juga: Sinopsis Film Non-Stop Dibintangi Liam Neeson, Tayang Malam Ini di Bioskop Trans TV Pukul 21.30 WIB

Yang pertama, kata Luqman, calon penumpang harus memiliki tiket atau kode booking KA Jarak Jauh yang sudah lunas.

Kedua, selama 30 menit sebelum melaksanakan pemeriksaan, calon penumpang dilarang merokok.

Ketiga, selama 30 menit pula sebelum melaksanakan pemeriksaan, calon penumpang juga dilarang makan dan minum (kecuali air putih).

Hal itu diwajibkan karena untuk meningkatkan akurasi hasil pemeriksaan GeNose C19.

Baca juga: Ibu Rumah Rangga di Magetan ini Sukses Budidaya Ikan Gurami

Baca juga: 8 Zodiak Diramal Beruntung Senin, 1 Maret 2021: Capricorn Makin Populer, Aquarius Dapat Pencapaian

Keempat, pada saat pelaksanaan, calon penumpang juga diminta untuk meniup kantong hingga penuh dan mengikuti arahan dari petugas atau petunjuk yang ada di lokasi pemeriksaan.

Serta yang terakhir, pihaknya selalu akan memastikan bahwa yang dapat naik KA adalah pelanggan yang dalam kondisi sehat dan memenuhi persyaratan sesuai ketentuan pemerintah.

Luqman menambahkan, syarat dalam memanfaatkan layanan GeNose C19 untuk calon penumpang ini juga diberlakukan pada seluruh Stasiun di Indonesia yang sudah tersedia alat GeNose C19.

"Semua syarat jni juga berlaku di 9 stasiun lainnya yang sudah tersedia GeNose C19, yaitu Stasiun Pasarsenen, Gambir, Bandung, Cirebon, Purwokerto, Semarang Tawang, Yogyakarta, Solo Balapan dan Madiun," tandasnya.

Untuk diketahui, waktu operasional layanan GeNose C19 di Stasiun Pasar Turi Surabaya dan Gubeng tersedia setiap hari, tepatnya mulai pukul 07.00 hingga sampai 18.00, dengan biaya sebesar Rp20.000.

Sedangkan untuk Stasiun Malang mulai pukul 07.00 WIB sampai 16.00 WIB serta juga berlaku setiap hari dengan harga yang sama.

Penulis: Fikri Firmansyah
Editor: Hefty Suud
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved