Breaking News:

Stabilkan Harga Cabai, Diskopindag Kota Malang Berencana Datangkan Cabai Kering Dari India

Untuk menstabilkan harga cabai yang terus melambung tinggi, Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Diskopindag) Kota Malang berencana

Penulis: Kukuh Kurniawan | Editor: Yoni Iskandar
TribunJatim.com/ Doni Prasetyo
Harga cabai melonjak 

Reporter : Kukuh kurniawan | Editor : Yoni Iskandar

TRIBUNJATIM.COM, MALANG - Untuk menstabilkan harga cabai yang terus melambung tinggi, Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Diskopindag) Kota Malang berencana akan mendatangkan cabai kering dari India.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Diskopindag Kota Malang, Wahyu Setianto membenarkan hal tersebut.

"Adanya suplai cabai kering dari India tersebut, tujuannya memang untuk menstabilkan harga cabai," ujarnya kepada TribunJatim.com, Minggu (28/2/2021).

Ia menjelaskan pihaknya akan segera melakukan koordinasi dengan Pemerintah Provinsi Jawa Timur dan Pemerintah Pusat, terkait pemasokan cabai kering dari India ke Kota Malang.

"Sebenarnya skema ini sama seperti dua tahun lalu, yang mana saat itu harga cabai melambung tinggi mencapai Rp 150 ribu per kilogramnya. Tetap kami koordinasikan dengan pusat, dan kami upayakan hal tersebut," jelasnya.

Menurut Wahyu, cuaca ekstrim menjadi penyebab terjadinya lonjakan harga cabai yang melambung tinggi.

Baca juga: Harga Cabai Rawit di Pasar Tradisional Kota Malang Rp 100 Ribu Perkilo, Berdampak ke Omzet Pedagang

Baca juga: 3 Proyek Ikonik Kota Surabaya Bakal Diresmikan Maret 2021, Begini Kata Wali Kota Eri Cahyadi

Baca juga: 3 Proyek Ikonik Kota Surabaya Bakal Diresmikan Maret 2021, Begini Kata Wali Kota Eri Cahyadi

"Cuaca ekstrim itulah, yang membuat para petani cabai akhirnya mengalami gagal panen," tambahnya kepada TribunJatim.com.

Diperkirakan harga cabai di Kota Malang akan terus melambung tinggi. Karena cuaca ekstrim, masih terjadi di wilayah Indonesia.

"Beberapa hari yang lalu, harga cabai masih di kisaran Rp 60 ribu per kilogram. Tapi sekarang itu, stoknya lebih sedikit dan kemungkinan bakal cenderung naik terus harganya," terangnya.

Oleh karena itu, penindakan dalam hal menstabilkan harga cabai di Kota Malang, pihaknya akan melakukan koordinasi dan komunikasi intens. Baik dengan jajaran Pemerintah Provinsi Jawa Timur maupun Pemerintah Pusat.

"Kalau naik terus, kami akan lakukan seperti dua tahun lalu (memasok cabai kering). Kami akan segerakan, karena sepertinya beberapa daerah ada kenaikan juga," pungkasnya kepada TribunJatim.com.

Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved