Breaking News:

Sepekan Divaksin, 14 Pegawai Kantor Perizinan Kota Blitar Positif Covid-19, Ini Tanggapan Satgas

kasus pegawai Dinas Penanaman Modal Tenaga Kerja dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) yang positif Covid-19 usai divaksin bukan KIPI.

TRIBUNJATIM.COM/SAMSUL HADI
Satgas Dinkes Kota Blitar, Didik Jumianto 

Reporter: Samsul Hadi I Editor: Ndaru Wijayanto

TRIBUNJATIM.COM, BLITAR - Ketua Harian Satgas Covid-19 Kota Blitar, Didik Jumianto mengatakan kasus sejumlah pegawai Dinas Penanaman Modal Tenaga Kerja dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) yang dinyatakan positif Covid-19 usai divaksin bukan Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI)

Menurutnya, peristiwa yang dialami sejumlah pegawai Dinas Penanaman Modal Tenaga Kerja dan PTSP Kota Blitar murni kasus Covid-19

"Menyikapi kasus yang terjadi di Dinas Penanaman Modal Tenaga Kerja dan PTSP habis divaksin ternyata ada pegawai yang positif perlu saya jelaskan itu bukan kasus KIPI, tapi murni kasus Covid-19," kata Didik, Minggu (7/3/2021). 

Dikatakannya, kasus Covid-19 bisa terjadi pada seseorang yang telah disuntik vaksin.

Karena sebelum divaksin, sebenarnya dalam tubuh orang tersebut sudah ada virus Corona, tapi tanpa gejala.

"Sehingga ketika pasca divaksin terjadi reaksi dalam pembentukan antibodi, maka bisa timbul gejala," ujar Didik. 

Sekretaris Satgas Covid-19 Kota Blitar, Hakim Sisworo mengatakan Dinas Kesehatan Kota Blitar masih melakukan klarifikasi riwayat kesehatan sejumlah pegawai Dinas Penanaman Modal Tenaga Kerja dan PTSP sebelum divaksin.

"Hasil klarifikasi kondisi kesehatan pegawai akan kami laporkan ke provinsi," kata Hakim. 

Sedang penanganan pegawai yang dinyatakan positif Covid-19, kata Hakim, untuk pegawai yang tanpa gejala akan dirawat di Rumah Isolasi dan pegawai yang bergejala dirujuk ke Rumah Sakit Rujukan Covid-19 Kota Blitar. 

"Kami juga akan melakukan sterilisasi kantor Dinas Penanaman Modal Tenaga Kerja dan PTSP," ujarnya. 

Sebelumnya, hasil tes swab 14 pegawai dari total 21 pegawai Dinas Penanaman Modal Tenaga Kerja dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Kota Blitar yang mengalami demam sepekan usai divaksin dinyatakan positif Covid-19.

Penulis: Samsul Hadi
Editor: Ndaru Wijayanto
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved