Breaking News:

Bupati Gresik Temui Korban Banjir hingga Malam, Kali Lamong Segera Dinormalisasi Bulan Depan

Bupati Gresik, Fandi Akhmad Yani langsung terjun ke lokasi banjir luapan Kali Lamong. Sejak sore hingga malam hari, Bupati memohon doa agar

TribunJatim.com/ Willy Abraham
Bupati Gresik saat temui korban banjir 

Reporter: Willy Abraham | Editor: Januar AS

TRIBUNJATIM.COM, GRESIK - Bupati Gresik, Fandi Akhmad Yani langsung terjun ke lokasi banjir luapan Kali Lamong. Sejak sore hingga malam hari, Bupati memohon doa agar normalisasi dan pembangunan tanggul pada bulan April berjalan lancar.

Masih mengenakan baju dinas, Gus Yani sapaan akrabnya sejak sore mendatangi warga di desa-desa hingga malam hari. Mulai dari Sambiroto di Kecamatan Balongpanggang, desa Karangankidul Kecamatan Benjeng dan desa Guranganyar Kecamatan Cerme.

Menggunakan sepatu boots, orang nomor satu di Kabupaten Gresik ini membagikan bantuan kepada warga. Bantuan berupa sembako itu diberikan bersama Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Gresik Tarso Sagito, camat dan kepala desa setempat.

Baca juga: Tips Diet Sehat dan Seimbang Tingkatkan Imunitas Ala Dokter Spesialis Gizi Klinik Eleonora Mitaning

Pada bulan April, pengerjaan tanggul parapet akan dikerjakan mulai dari wilayah Desa Jono dan Tambakberas, Kecamatan Cerme. Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat mengalokasikan anggaran Rp 100 miliar untuk normalisasi.

Sedangkan untuk pembebasan lahan menggunakan dana APBD sekitar Rp 3,8 miliar.

Normalisasi Kali Lamong ini, akan digarap pada awal April, Bupati Gus Yani memohon doa restu agar banjir luapan Kali Lamong segera teratasi. Bahkan, agar lebih cepat lagi dalam melakukan normalisasi, kepada awak media, Gus Yani berinisiatif menyurati Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Bengawan Solo.

"Agar kita tidak disalahkan dalam normalisasinya, kita minta MoU (Memorandum of understanding) dengan BBWSnya. Bahwasannya, ini boleh diberikan kewenangan oleb BBWS ke daerah, maka musim.kemarau kedepan akan kami terjunkan alat-alat berat mengatur anak sungai kali lamong," kata Gus Yani, Senin (15/3/2021).

Sebelumnya, Bupati memberikan perhatian atas bencana banjir yang menggenangi beberapa desa di wilayah Kecamatan Balongpanggang, Benjeng, Kedamean, Cerme dan sekitarnya.

Bupati Gus Yani mengajak ASN bekerja lebih keras lagi membantu masyarakat agar terbebas dari banjir rutin.

Halaman
12
Penulis: Willy Abraham
Editor: Januar Adi Sagita
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved