Breaking News:

Ramadan 2021

Harga Daging Ayam Naik 11 Persen, Ini Kata Disperindag Jatim

Awal bulan puasa Ramadan kenaikan harga daging ayam melonjak. Harga daging ayam saat ini di Jawa Timur naik hingga di atas HET.

Penulis: Fatimatuz Zahroh | Editor: Yoni Iskandar
TribunJatim.com/ David Yohanes
Harga daging ayam di Tulungagung tembus Rp 40 ribu per kilo 

Reporter : Fatimatuz zahroh | Editor : Yoni Iskandar

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Awal bulan puasa Ramadan kenaikan harga daging ayam melonjak. Harga daging ayam saat ini di Jawa Timur naik hingga di atas HET.

Harga daging ayam di pasaran Jawa Timur naik 11 persen dari HET. Dimana harga daging ayam di Jatim saat ini adalah Rp 39 ribu per kilogramnya. Padahal HET daging ayam per kilogramnya adalah Rp 35 ribu.

Kepala Disperindag Jatim Drajat Irawan mengatakan gejolak harga daging ayam memang tampak di awal bulan puasa ini. Berdasarkan analisa dengan lintas sektor, melonjaknya harga daging ayam adalah karena dampak beberapa faktor.

Pertama karena sebab serangan penyakit dan kedua adalah dampak adanya kebijakan penurunan telur yang ditetaskan akibat adanya oversupplay yang dilakukan pada bulan Maret.

Sehingga adanya penurunan jumlah daging ayam padahal permintaan daging ayam melonjak karena megengan.

Baca juga: Masih Ingat Bintang GGS Ini? Dulu Pindah Agama Ikuti Suami Nikah Muda Usia 18, Kini Urusi 3 Anak

Baca juga: Lebih 100 Orang Absen UTBK SBMPTN di Unej

Baca juga: Stok Ayam Broiler Ramadan 2021 di Mojokerto Aman, Harga Naik, Dari Peternak Sudah Rp 23.500 Per Kilo

“Jadi masalahnya ada di hulu. Maka kemarin saya koordinasi dengan Dinas Peternakan. Ternyata ada serangan penyakit karena curah hujan tinggi beberapa waktu terakhir. Kedua, ternyata ada penurunan produksi anak ayam 20 persen. Itu dampak pengendalian oversupplay pada Maret lalu, jadi ayam potongnya berkurang,” kata Drajat kepada TribunJatim.com.

Oleh sebab itu, Disperindag Jatim melakukan langkah-langkah untuk penanggulangan. Di antaranya yaitu melakukan langkah-langah koordinasi dengan produsen daging ayam dan dinas terkait. Drajat akan mengkomunikasikan agar kebijakan pengurangan telur yang ditetaskan bisa ditinjau ulang.

“Diperkirakan pertengahan puasa harga daging ayam akan kembali normal. Insya allah suplai nya sudah seimbang dengan permintaan,” tegas Drajat Irawan.

Lebih lanjut, Drajat menegaskan bahwa selain daging ayam yang melonjak, lainnya tidak ada gejolak. Semua ditegaskan Drajat harganya normal dan stabil. Misalnya beras premium harganya Rp 11.300 per kilogram, untuk beras medium harganya Rp 9.500 per kilogramnya, kemudian daging sapi harganya Rp 109.000 per kilogram.

Berita tentang harga Daging Ayam

Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved