Breaking News:

Ramadan 2021

Ada Larangan Mudik, Bupati Sidoarjo Gus Muhdlor Ajak Warga Rayakan Lebaran di Rumah

Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor mengajak warga untuk merayakan Lebaran Idul FItri di rumah saja. Tidak mudik ke kampung halaman atau merayakan lebaran

surya/mtaufik
Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor saat memimpin apel kesiapan pengamanan larangan mudik, Senin (26/4/2021) 

Reporter: M Taufik I Editor: Ndaru Wijayanto

TRIBUNJATIM.COM, SIDOARJOBupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor mengajak warga untuk merayakan Lebaran Idul FItri di rumah saja. Tidak mudik ke kampung halaman atau merayakan lebaran ke luar kota, untuk menghindari penyebaran covid-19.

Apalagi, di sejumlah titik juga akan dilakukan penyekatan wilayah selama lebaran besok.

“Warga Sidoarjo, mari kita merayakan lebaran bersama keluarga di rumah dan tetangga sekitar saja. Kita patuhi aturan dari pemerintah,” kata Muhdlor, Senin (26/4/2021).

Larangan mudik lebaran bukan hanya berlaku di Sidoarjo, tapi juga secara nasional.

Bersadarkan Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) No. 13/2021 Pemerintah resmi melarang mudik lebaran tahun ini. Semua moda transportasi darat, laut, udara dan kereta akan dibatasi sepanjang tanggal 6 -17 Mei 2021.

Baca juga: Buka Besok, 55 Posko Pengaduan THR Dididikan Disnakertrans Jatim, Wajib Cairkan Maksimal H-7

Pergerakan kendaraan atau mobilisasi warga dibatasi. Beberapa wilayah dibolehkan atau dinamai Aglomerasi. Sidoarjo dan Surabaya termasuk dalam satu rayon bersama Gresik, Mojokerto, Lamongan, dan Bangkalan.

“Larangan mudik ini juga untuk kepentingan kita bersama. Yakni antisipasi penyebaran covid-19. Karena kondisi sekarang ini masih dalam status waspada terhadap bahaya penyebaran corona,” kata Muhdlor di sela Apel Kesiapan Pengamanan Larangan Mudik di Alun-alun Kabupaten Sidoarjo.

Baca juga: Cegah Gadget Saat UTBK-SBMPTN di Universitas Brawijaya Malang, Peserta Diperiksa Metal Detector

Disebut-sebut, pemerintah memberlakukan larangan mudik agar peristiwa lonjakan covid-19 yang luar biasa di India tidak terjadi Indonesia.

Untuk membatasi pergerakan warga, selama musim mudik lebaran nanti, petugas gabungan juga akan melakukan penyekatan di sejumlah wilayah. Termasuk di perbatasan Sidoarjo dengan kota-kota lainnya.

Baca juga: Wanita Dilaporkan Setelah Komplain Soal Jerawat di Medsos, Pihak Klinik LVIORS Beri Penjelasan

Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol Sumardji menyebut, pihaknya bersama TNI sedang menyiapkan titik-titik penyekatan di beberapa wilayah. Termasuk dengan melibatkan Satpol PP, Dishub, Dinkes dan sejumlah instansi lainnya.

“Selain personel pengamanan dan petugas kesehatan, di titik penyekatan juga disiapkan ruang isolasi. Masyarakat yang nekat mudik bakal kita putar balik, dan jika dites positif maka langsung diisolasi di tempat yang sudah disediakan,” kata Sumardji.

Kapolres juga mengimbau kepada warga untuk menahan diri. Untuk sementara tidak mudik saat lebaran nanti. Agar kondisi penyebaran covid-19 yang sudah mereda ini tidak kembali tinggi.

Penulis: M Taufik
Editor: Ndaru Wijayanto
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved