Breaking News:

Berita Malang

Cegah Gadget Saat UTBK-SBMPTN di Universitas Brawijaya Malang, Peserta Diperiksa Metal Detector

Untuk mencegah peserta membawa gadget saat mengikuti UTBK-SBMPTN, Universitas Brawijaya (UB) melakukan pemeriksaan dengan metal detector.

Surya/humas UB
Pemeriksaan metal detector bagi peserta gelombang dua UTBK-SBMPTN di Universitas Brawijaya (UB), Senin (26/4/2021). Gelombang dua hanya berlangsung dua hari sampai Selasa (27/4/2021). 

Reporter: Sylvianita Widyawati I Editor: Ndaru Wijayanto

TRIBUNJATIM.COM-MALANG - Untuk mencegah peserta membawa gadget saat mengikuti UTBK-SBMPTN, Universitas Brawijaya (UB) melakukan pemeriksaan dengan metal detector.

Saat ini, pelaksanaan UTBK memasuki gelombang kedua mulai Senin (26/4/2021). UTBK gelombang dua di UB hanya dilaksanakan dua hari sampai Selasa (27/4/2021).

"Persiapan yang dilakukan sama dengan pelaksanaan UTBK gelombang pertama. Namun ada tambahan peraturan dari LTMPT, yakni memeriksa peserta dengan metal detector. Ini untuk mencegah adanya peserta yang membawa gadget,” ujar Prof  Aulanni’am, Wakil Rektor I UB, Senin (26/4/2021). 

Baca juga: Unusa Gelar Salat Gaib Untuk Kru KRI Nanggala 402, Istri Serda Guntur Berharap Ada Mukjizat

Jumlah peserta gelombang dua hanya 186 yang memakai tiga laboratorium komputer di UPT TIK UB.

Menurutnya, jumlah peserta di gelombang kedua di UB tidak sebanyak di gelombang pertama karena penempatan lokasi tes ditentukan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) disesuaikan dengan domisili peserta dikarenakan masa pandemi Covid-19.

Sedang untuk protokol kesehatan tetap ditaati dengan memakai masker, face shield, dan sarung tangan. Serta dilakukan sterilisasi ruangan dan menjaga jarak antar peserta, rapid test untuk pengawas, pengecekan suhu tubuh, serta menyiapkan ruang isolasi apabila terdapat peserta tes yang terindikasi sakit.

Baca juga: Wanita Dilaporkan Setelah Komplain Soal Jerawat di Medsos, Pihak Klinik LVIORS Beri Penjelasan

“Tingkat kehadiran peserta sejak gelombang pertama, setiap harinya rata-rata di atas 95 persen. Saya harap UTBK gelombang dua berjalan lancar dan aman seperti gelombang pertama dan tahun lalu,” ujarnya. Gelombang pertama UTBK di UB telah digelar Senin-Minggu (12-18/4/2021).

Menurut Koordinator Bagian Perencanaan, Akademik, dan Kerja Sama UB, Heri Prawoto Widodo, jumlah peserta pada gelombang pertama adalah 17.018 peserta.

Sehingga total peserta UTBK di UB pada gelombang pertama dan kedua adalah 17.204 peserta. Sebanyak 186 peserta di gelombang dua.

Mereka ikut ujian dengan rincian 8.526 kelompok ujian saintek, 7.935 soshum, dan 743 campuran.

Penulis: Sylvianita Widyawati
Editor: Ndaru Wijayanto
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved