Breaking News:

Ramadan 2021

BKM Pakem Sejahtera Kota Surabaya Bagikan Sembako Buat Warga

BKM) Program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) Pakem Sejahtera, Kelurahan Pacar Kembang, Kecamatan Tambaksari, Kota Surabaya untuk membagikan sembako ke warga

Sulvi Sofiana/ surya
Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM) Program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) Pakem Sejahtera, Kelurahan Pacar Kembang, Kecamatan Tambaksari, Kota Surabaya membagikan sembako pada warga. 

Reporter : Sulvi Sofiana | Editor : Yoni Iskandar

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Bulan Ramadan menjadi kesempatan bagi Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM) Program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) Pakem Sejahtera, Kelurahan Pacar Kembang, Kecamatan Tambaksari, Kota Surabaya untuk membagikan sembako pada warga.

Setidaknya 432 paket sembako dibagikan pada warga sebagai bentuk kepedulian di bulan ramadhan ini.

Ketua BKM Pakem Sejahtera, Arif Muryanto menyatakan, sebenarnya kegiatan bakti sosial seperti ini adalah momentum rutin setiap tahun. Tak hanya membagikan sembako, bakti sosial juga dilakukn dengan bedah rumah hinggapenambhan fasilitas MCK umum untuk warga.

"Pembagian sembako ini juga dilakukan untuk membantu warga selama msa pandemi ini. Pembagian dilakukan sesuai dengan prokes juga. Setiap warga yang datang harus terlebih dahulu mencuci tangan dan jaga jarak," tegas pria yang juga Ketua Forum Koordinasi Antar BKM Kota Surabaya ini, Minggu (2/5/2021).

Dikatakan Arif, BKM Pakem Sejahtera mampu secara berkesinambungan mengadakan aksi sosial ini karena dukungan dari anggotanya yang merupakan pedagang kecil dan UMKM.

Baca juga: Tertangkap Wanita Misterius Pengirim Sate Beracun via Ojol, Pembunuhan Berencana?Sesuai Saksi

"Kegiatan kami tak lepas dari keuntingan kegiatan simpan pinjam anggota. Jadi laba BKM kembali lagi ke warga," katanya.

Dalam kegiatan ini hadir pula Kepala Dinas Perdagangan Kota Surabaya,Wiwiek Widayati yang menunjukkan dukungannya atas kegiatan BKM. Dikatakan Wiwiek BKM menunjukkan aksi nyata organisasi masyarakat yang mampu menggerakkan perekonomian warga dengan memberikan modal pinjaman pada warga.

"Karena hanya ada beberapa BKM yang aktif mengadakan bakti sosial ini. Dan tentunya kegiatan BKM menunjukkan keaktivan warga dalam jalannya perekonomian di lingkungannya," urainya.

Sementara itu,Asisten koordinator Kotaku bidang Kelembagaan dan Kolaborasi, Sri Ummi mengungkapkan program Kotaku melalui BKM yaitu penguatan masyarakat melalui kelembagaan.

"Jadi BKM ini bisa menguatkan masyarakat dalam hal KSM, misalkan di sini butuh pelatihan apa untuk peningkatan ketrampilan masyarakat," lanjutnya.

BKM, dikatakan Sri sangat membantu pemerintahan di tingkat kelurahan karena bergerak di bidang sosial, lingkungan dan ekonomi.

"Sekarang aksi BKM juga lebih meningkatkan ke kelayakan huni, produktif dan berkelanjutan. Pacar kembang ini ada kegiatan ekonomi melalui unit pengelolaan keuangannya untuk memberikan modal bagi umkm," tegasnya kepada TribunJatim.com.

Berita tentang BKM Surabaya

Penulis: Sulvi Sofiana
Editor: Yoni Iskandar
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved