Breaking News:

Berita Pasuruan

Atasi Banjir, BBWS Brantas dan Pemkab Pasuruan Rencanakan Bangun Sudetan Kali Bangiltak

Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Brantas bersama Pemkab Pasuruan berencana akan memulai membangun Sudetan Kali Bangiltak tahun ini.

Penulis: Galih Lintartika
Editor: Taufiqur Rohman
TRIBUNJATIM.COM/GALIH LINTARTIKA
Misbah Zunib, Kepala Dinas PU Sumber Daya Air Kabupaten Pasuruan. 

Reporter: Galih Lintartika | Editor: Taufiqur Rochman

TRIBUNJATIM.COM, PASURUAN - Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Brantas bersama Pemkab Pasuruan berencana akan memulai membangun Sudetan Kali Bangiltak tahun ini.

Misbah Zunib, Kepala Dinas PU Sumber Daya Air Kabupaten Pasuruan mengatakan, pembangunan sudetan dilakukan selama tiga tahun, yakni 2021-2023.

Dikatakan dia, anggaran pembangunnnya bersumber dari APBN (Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara) dengan nilai sebesar Rp 600 miliar.

Hanya saja, sebelum dibangun, Pemkab Pasuruan berkewajiban untuk menyelesaikan pembebasan lahan selama dua tahun.

“Kalau pembangunan fisiknya didanai APBN, tapi kalau pembebasan lahannya melalui APBD Kabupaten Pasuruan,” kata Misbah, Senin (17/5/2021).

Misbah menegaskan untuk pembebasan lahan, BBWS saat ini sudah menyiapkan anggaran sebesar Rp 20 miliar. Ada 1.872 bidang tanah yang perlu dibebaskan.

"Perkiraan untuk pembebasan lahan aja sekitar Rp 250 miliar," lanjut dia.

Anggaran tersebut terbagi menjadi dua, yakni nominal sebesar Rp 190 miliar untuk lahan dan bangunan warga yang bersertifikat dan Rp 60 Miliar untuk yang belum bersertifikat.

“Kalau yang tidak bersertifikat akan juga diberikan pengganti sukarela. Seluruh penganggaran untuk pembebasan lahan dibebankan kepada APBD Kabupaten Pasuruan," jelasnya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved