Breaking News:

Berita Kediri

Polres Kediri Ungkap Kasus Dugaan Telur Ayam Palsu yang Sempat Viral, Ternyata Asli

Satreskrim Polres Kediri Kota telah melakukan penyelidikan menyusul vidio yang viral di media sosial (medsos) dugaan telur ayam palsu.

Penulis: Didik Mashudi
Editor: Ndaru Wijayanto
Surya/didik mashudi
Petugas memperlihatkan telur ayam yang sempat viral di media sosial karena diduga telur palsu, Selasa (18/5/2021). 

Reporter: Didik Mashudi I Editor: Ndaru Wijayanto

TRIBUNJATIM.COM, KEDIRI - Satreskrim Polres Kediri Kota telah melakukan penyelidikan menyusul vidio yang viral di media sosial (medsos) dugaan telur ayam palsu.

Dari hasil pemeriksaan Organoleptik yang dilakukan petugas Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Kediri terhadap 10 butir telur ayam ras yang diperiksa benar-benar merupakan telur yang berasal dari ayam atau telur ayam asli.

Kasat Reskrim Polres Kediri Kota Iptu Girindra Wardana menjelaskan, petugas melakukan pemeriksaan karena sebelumnya telur diunggah ke media sosial sebagai telur palsu.

"Karena video sudah viral kita laksanakan penyelidikan, telur diperiksa di lab. Kita telusuri penjualnya ambil darimana," jelas Iptu Girindra Wardana, Selasa (18/5/2021). 

Sedangkan hasilnya pemeriksaan dari Kantor Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Kediri telah menyatakan bahwa telur ayam ras yang diperiksa merupakan telur asli.

"Petugas juga melakukan penelusuran dari penjual dan dicek di peternakannya. Hasilnya telur bukan untuk ditetaskan tapi untuk dikonsumsi," jelasnya.

Sementara terkait dengan perubahan kondisi telur yang berbeda dengan telur pada umumnya dimungkinkan akibat kesalahan dalam penyimpanan.

"Kondisi lemari es kurang bagus. Jadi terpengaruh kondisi freezer dan suhu freezer akibatnya membuat telur membeku," jelasnya.

Iptu Girindra Wardana juga menjelaskan dua emak-emak masing-masing, Linda Agustini dan Ani Mulyaningati yang telah mengunggah video telur ayam palsu di medsos secara sukarela telah meminta maaf atas kejadian yang diunggahnya.

Sedangkan dari pihak penjual telur ayam juga tidak merasa dirugikan sehingga kasusnya tidak dilanjutkan. 

"Kami sudah menunjukkan hasil lab dan telusuri betul dan kita lidik ternyata betul telur ayam asli," ungkapnya.

Berdasarkan hasil pemeriksaan laboratorium, sehingga dua pengunggah video dugaan telur palsu secara sukarela membuat rekaman video permintaan maaf kepada masyarakat.

Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved