Breaking News:

Gempa di Blitar

Update Dampak Gempa Bumi Blitar di Lumajang, 49 Rumah Rusak, Tersebar di Sembilan Desa

Update dampak gempa bumi Blitar di Lumajang, 49 rumah rusak, tersebar di sembilan desa di tiga kecamatan. Paling banyak di Pasrujambe.

Penulis: Tony Hermawan | Editor: Dwi Prastika
ISTIMEWA/TRIBUNJATIM.COM
Kondisi rumah warga di Lumajang yang rusak akibat guncangan gempa bumi yang berpusat di Kabupaten Blitar, Jumat (21/5/2021). 

Reporter: Tony Hermawan | Editor: Dwi Prastika

TRIBUNJATIM.COM, LUMAJANG - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lumajang terus melakukan assessment (penilaian) dampak gempa bumi bermagnitudo 6,2 di Blitar yang getarannya terasa kuat hingga di Lumajang.

Hasilnya, ada 49 rumah warga Lumajang yang alami kerusakan.

Jumlah ini lebih sedikit dari dampak saat gempa bumi Malang yang terjadi pada awal bulan April 2021 lalu.

Kerusakan tercatat terjadi di sembilan desa di tiga kecamatan. Paling banyak di Kecamatan Pasrujambe, lalu Kecamatan Pronojiwo, dan terakhir Kecamatan Tempursari.

Kabid Kedaruratan, Rehabilitasi dan Rekonstruksi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lumajang, Joko Sambang mengatakan, puluhan rumah yang rusak tersebut masih dilakukan verifikasi oleh tim di lapangan.

Warga yang terdampak bakal mendapat bantuan sesuai kategori kerusakan.

"Seluruh rumah yang rusak itu rencananya juga bakal diikutkan untuk mendapat bantuan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Untuk itu kami perlu cek lapangan supaya valid. Ya secepatnya akan terlaporkan,” katanya.

Baca juga: Bongkar Muat Tetes Tebu di Lumajang Makan Korban, 4 Orang Keracunan, Terdengar Teriakan Minta Tolong

Sementara itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lumajang, Indra Wibowo Leksana mengatakan, pasca gempa terjadi, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) daerah menyebut wilayah selatan di Jawa Timur merupakan daerah rawan gempa.

Sehingga pihaknya perlu melakukan penambahan jalur mitigasi bencana untuk mengurangi risiko bencana.

"Sudah kami pasang papan informasi di sejumlah kawasan dekat pantai selatan. Berapa letak jauh dan amannya untuk evakuasi," pungkasnya.

Berita tentang Jawa Timur

Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved