Breaking News:

Berita Jember

Ulah Hewan Lutung Gegerkan Warga Jember, Pecahkan Genteng Rumah, Dijebak Pakai Kurungan Ayam

Warga Lingkungan Cupu Kelurahan Baratan Kecamatan Patrang mengamankan seekor Lutung (Trachypithecus) berbulu hitam, atau oleh orang Jawa disebut Buden

istimewa
Lutung yang diamankan warga Lingkungan Cupu Kelurahan Baratan, Patrang, Jember, dan akan diserahkan ke Bidang KSDA Jatim III di Jember. 

Reporter: Sri Wahyunik I Editor: Ndaru Wijayanto

TRIBUNJATIM.COM, JEMBER - Warga Lingkungan Cupu Kelurahan Baratan Kecamatan Patrang mengamankan seekor Lutung (Trachypithecus) berbulu hitam, atau oleh orang Jawa disebut Budeng (East Javan Langur).

Penangkapan dilakukan pada Kamis (27/5/2021), dan selanjutnya akan diserahkan ke Bidang Konservasi Sumber Daya Alam Jawa Timur III yang ada di Jember.

Ketua RT 02 RW 02 Lingkungan Cupu Kelurahan Baratan, Yono mengatakan, warganya terpaksa menangkap Lutung tersebut karena dinilai sudah mengganggu.

"Sebenarnya dia sudah lama berkeliaran di sekitar permukiman dan pekarangan kami. Lebih dari setahun lah. Dia liar, mungkin dulu pernah ada yang memelihara dan kabur," ujar Yono kepada Surya (grup TribunJatim.com), Kamis (27/5/2021).

Lutung itu hidup dengan memakan tanaman buah di pekarangan warga Lingkungan Cupu. Buah yang diembatnya seperti klengkeng, rambutan, bahkan jengkol. Dia bisa menghabiskan jengkol sepohon milik warga yang sedang berbuah.

"Ya makan apa saja di pekarangan rumah warga. Apa yang sedang berbuah. Kami tidak terganggu, karena dia awalnya tidak mengganggu. Jenis ini kan juga tidak menyerang warga, atau anak-anak. Akhirnya kami biarkan," kata Yono.

"Namun beberapa waktu terakhir, dia ini naik ke genteng-genteng rumah warga saya, sampai beberapa genteng pecah,"imbuhnya.

Dari situlah, warga berinisiatif menangkapnya. Awalnya, warga hendak menembak Lutung tersebut. Tetapi niat itu dibatalkan karena Lutung hewan nyaris punah, dan dilindungi.

Akhirnya, Kamis (27/5/2021), warga berusaha menjebak sang Budeng memakai cara manual. "Dijebak memakai kurungan ayam, dan berhasil," tutur Yono.

Halaman
12
Penulis: Sri Wahyunik
Editor: Ndaru Wijayanto
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved