Breaking News:

Apotek Online Lifepack

Cytomegalovirus Menular Melalui Cairan Tubuh, Berikut Langkah-langkah Pencegahan yang Bisa Dilakukan

Cytomegalovirus menular melalui cairan tubuh, pencegahan CMV pada ibu hamil dan orang yang memiliki sistem kekebalan tubuh lemah penting dilakukan.

Shutterstock by Jarun Ontakrai
Ilustrasi Cytomegalovirus (CMV). 

TRIBUNJATIM.COM - Cytomegalovirus (CMV) adalah suatu jenis virus yang umum menginfeksi manusia. CMV dapat menginfeksi dan bertahan di dalam tubuh manusia (dorman) untuk waktu yang lama.

Pada sebagian besar kasus, CMV tidak berbahaya dan tidak menimbulkan gejala atau hanya menimbulkan gejala ringan yang dapat sembuh dengan sendirinya.

Namun, pada kasus tertentu seperti pada seseorang dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah dan janin, virus ini dapat menimbulkan masalah kesehatan yang serius.

Informasi

Cytomegalovirus (CMV) adalah virus yang termasuk ke dalam kelompok virus yang dikenal sebagai herpes virus, herpesviridae, atau human herpesvirus-5 (HHV-5). Infeksi virus CMV berhubungan erat dengan infeksi yang terjadi pada kelenjar air liur (salivary gland). Infeksi pertama kali dengan CMV biasanya tidak menunjukkan gejala (asimptomatik).

Setelah itu, virus dapat bertahan di dalam tubuh manusia atau dorman. Di kemudian hari, virus ini dapat terreaktivasi kembali dan menyebabkan gejala pada orang dengan kondisi sistem kekebalan tubuh yang lemah (immunocompromised). Data menunjukkan bahwa CMV menginfeksi sekitar 60-70 persen orang dewasa pada negara maju dan hampir 100 persen pada negara berkembang.

Ilustrasi sakit
Ilustrasi sakit (Anastasia Gepp dari Pixabay)

Gejala

Pada sebagian besar kasus, infeksi CMV tidak menimbulkan gejala. Beberapa gejala yang mungkin ditemukan, antara lain:

●       Demam tinggi ( di atas 38OC)

●       Nyeri otot

Halaman
1234
Editor: Dwi Prastika
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved