Breaking News:

Apotek Online Lifepack

Mengenal Penyakit Herpes, Gejala per Tahap, dan Penggunaan Vaksin HSV

Mengenal penyakit herpes dan penggunaan vaksin HSV. Perlu dipahami jika virus herpes ini cukup sulit untuk dikendalikan, bahkan oleh vaksin.

Shutterstock by Julia Zavalishina
Ilustrasi herpes 

TRIBUNJATIM.COM - Beragam jenis penyakit kulit bisa menyerang manusia kapan saja. Salah satunya adalah penyakit herpes yang disebabkan oleh infeksi herpes simplex virus (HSV). Infeksi virus ini bisa menyebabkan kondisi kulit menjadi kering dan muncul luka melepuh. Kondisi ini bisa dicegah salah satunya lewat pemberian vaksin HSV.

Virus herpes bisa menyebabkan infeksi pada siapa saja, tidak melihat usia maupun jenis kelamin. Faktor kekebalan tubuh sangat berpengaruh pada risiko infeksi dari virus ini. Itulah mengapa pemberian vaksin herpes sangat disarankan agar tubuh bisa terhindari dari serangan infeksi herpes.

Gejala

Infeksi virus herpes ini menyerang tubuh manusia dan bisa berlangsung dalam beberapa tahap. Setiap tahap akan menunjukkan gejala yang berbeda. Berikut adalah gejala yang ditemui pada penderita infeksi virus herpes di setiap tahap.

1. Tahap Primer

Pada hari ke-2 hingga 8 setelah infeksi virus, penderita akan masuk tahap primer. Di tahap ini akan muncul blister, vesikel, atau ruam yang melepuh di kulit. Blister yang muncul berisi cairan keruh dan dapat pecah lalu menimbulkan luka yang terbuka.

2. Tahap Laten

Setelah tahap primer, penderita masuk ke tahap laten. Di tahap ini, semua tanda-tanda yang muncul di tahap primer akan hilang. Virus akan melakukan penyebaran ke area saraf tulang belakang di bawah permukaan kulit.

3. Tahap Peluruhan

Pada tahap ini, virus sudah berkembang biak di ujung saraf organ tubuh. Virus bisa menyerang bagian ujung saraf yang ada di organ testis dan vagina. Inilah mengapa kemudian lendir vagina dan air mani bisa mengandung virus herpes dan menular ke orang lain.

Halaman
1234
Editor: Dwi Prastika
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved