Breaking News:

Berita Kota Kediri

Petani Hidroponik Kota Kediri Waspadai Hama Penggorok dan Kutu Daun

petani hidroponik di green house Hidroponik Bersinar, Kelurahan Ngronggo, Kota Kediri.Petani hidroponik yang terdiri dari tiga ibu-ibu rumah tangga

Penulis: Didik Mashudi
Editor: Yoni Iskandar
(Surya/Didik Mashudi)
Petani hidroponik di Kota Kediri mewaspadai hama penggorok daun dan kutu daun pada tanaman sayuran hidroponik, Rabu (9/6/2021). 

Reporter : Didik mashudi | Editor : Yoni Iskandar

TRIBUNJATIM.COM, KEDIRI - Petani hidroponik di Kota Kediri mulai mewaspadai keberadaan hama penggorok daun (leaf miner) dan kutu daun (aphids) pada tanaman hidroponik.

Kedua hama yang merugikan itu ditemui oleh petani hidroponik di green house Hidroponik Bersinar, Kelurahan Ngronggo, Kota Kediri.
Petani hidroponik yang terdiri dari tiga ibu-ibu rumah tangga ini mengatakan, menemukan hama penggorok daun di tanaman selada yang mereka tanam.

“Penggorok daun, ini kalau dibiarkan bisa merembet ke daun-daun yang lain,” ujar Nunung Nofiah, salah satu petani hidroponik sambil menunjukkan daun yang terkena hama penggorok daun, Rabu (9/6/2021).

Dijelaskan Nunung, bersama kedua rekannya terus menghimpun informasi tentang hama dan penyakit yang menyerang tanaman hidroponik dari berbagai sumber.

“Kami terus cari informasi bagaimana cara mengatasinya, seperti mensortir daun-daun yang terkena hama, hingga melakukan penyemprotan dengan cairan pestisida khusus untuk sayuran,” tandasnya.

Dijelaskan Winarsih, petani yang juga turut mengelola hidroponik di Kelurahan Ngronggo mengatakan, sebelumnya pernah mengalami gagal panen.

Baca juga: Diguncang Pandemi Covid-19, Warga Kota Kediri Sukses Bangun Pertanian Hidroponik di Belakang Rumah

“Kami juga pernah gagal panen, karena hama kutu daun,” ujarnya kepada TribunJatim.com.

Untuk memberantas hama telah dilakukan sterilisasi lokasi green house sebelum kemudian dilakukan penanaman kembali.

“Kami sterilkan total, dengan tujuan untuk menghilangkan kutu daun secara menyeluruh, sehingga ketika ditanam kembali tidak timbul masalah serupa,” imbuhnya.

Sementara Iwang Candrayana, Penyuluh Pertanian Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Kediri mengatakan dimusim kemarau, para petani hidroponik perlu mewaspadai keberadaan hama.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved