Breaking News:

Berita Kota Batu

DIPA Pasar Besar Kota Batu Turun, Pembangunan Direncanakan Dimulai pada Akhir 2021

Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) Pasar Besar Kota Batu turun, pembangunan direncanakan dimulai pada akhir tahun 2021.

Penulis: Benni Indo | Editor: Dwi Prastika
TRIBUNJATIM.COM/BENNI INDO
Suasana Pasar Besar Kota Batu pada 1 Juli 2017. Pemerintah Kota Batu berencana merenovasi pasar menggunakan APBN senilai Rp 200 M yang prosesnya tetap berlanjut meski di tengah pandemi virus Corona atau Covid-19. 

Reporter: Benni Indo | Editor: Dwi Prastika

TRIBUNJATIM.COM, KOTA BATU - Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) pembangunan Pasar Besar Kota Batu sudah turun dari pemerintah pusat, melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Kepala Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan (DPKPP) Kota Batu, Bangun Yulianto menjelaskan, setelah DIPA turun, rencana pembangunan akan dimulai pada akhir 2021.

"Dengan turunnya DIPA, target memulai pembangunan pasar bisa dilakukan pada akhir tahun 2021 atau sesuai dengan Perpres nomor 80 tahun 2019 tentang Percepatan Pembangunan Ekonomi di Jatim," jelas Bangun, Kamis (24/6/2021).

Bangun menjelaskan, besaran DIPA tidak langsung penuh senilai Rp 200 miliar, melainkan turun secara bertahap. Pu pembangunannya dilaksanakan secara bertahap atau multiyears.

"Kalau tahun ini dipastikan lebih kecil, karena bobot beban pekerjaan fisik lebih besar di tahun 2022. Entah tahun ini 10 persen baru tahun depan 90 persen, semua tergantung kementerian," urai Bangun.

Bangun juga mengatakan, Detail Engineering Desain (DED) tidak banyak berubah. Ada Komisi Keselamatan Bangunan Gedung (KKBG) yang mengkaji dan menilai hal tersebut.

"Kami hanya mantapkan DED, untuk lelang, penganggaran, dan pembangunan jadi ranah pemerintah pusat,” imbuhnya.

Pihaknya berharap pembangunan segera terealisasi agar kondisi bangunan pasar jauh lebih baik sehingga bisa memudahkan pedagang dan pembeli saat melakukan aktivitas jual beli.

Baca juga: Kasus Covid-19 Melonjak, Pembelajaran Tatap Muka di Kota Batu Belum Ada Kepastian

Pasar Besar Kota Batu akan dibangun dengan konsep jalan berkeliling. Kementerian PUPR juga berencana membangun tempat pengamanan kebakaran di Pasar Besar Kota Batu.

Setelah ada penetapan DIPA, selanjutnya akan dilakukan relokasi pedagang oleh Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan Kota Batu.

Sementara itu, Ketua Komisi C DPRD Kota Batu, Khamim Tohari mengaku belum mengetahui informasi turunnya DIPA Pasar Besar Kota Batu. Menurutnya, DPKPP memberitahukan progres rencana pembangunan pasar tersebut ke DPRD Kota Batu.

"Saya dan anggota lainnya belum tahu jika DIPA sudah turun. Harusnya ya segera disampaikan ke kami agar dapat diketahui dan bisa membantu sosialisasi kepada para pedagang serta masyarakat,” kata Khamim.

Berita tentang Kota Batu

Berita tentang Jawa Timur

Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved