Breaking News:

Berita Pasuruan

Gus Ipul Sebut RT Ujung Tombak Pengendalian COVID-19, Ini Peran Mereka

Wali Kota Pasuruan Saifullah Yusuf (Gus Ipul) menyebut Ketua RT adalah ujung tombak Pemerintah Kota (Pemkot) Pasuruan dalam penanganan COVID-19

Penulis: Galih Lintartika | Editor: Januar
Tribun Jatim Network/Galih Lintartika
Wali Kota Pasuruan, Saifullah Yusuf, saat ditemui Tribun Jatim pada Selasa (29/6/2021). 

Laporan Wartawan TribunJatim Network, Galih Lintartika

TRIBUNJATIM.COM, PASURUAN - Wali Kota Pasuruan Saifullah Yusuf (Gus Ipul) menyebut Ketua RT adalah ujung tombak Pemerintah Kota (Pemkot) Pasuruan dalam penanganan Covid-19.

Hal itu disampaikan Gus Ipul saat memberikan pengarahan kepada ketua RT se - Kota Pasuruan di Gradika, Rabu (30/6/2021). Ada 1.000 RT lebih, dan dibagi menjadi beberapa hari karena situasi pandemi.

"Informasi sekecil apapun dari RT itu sangat berharga. Informasi RT menentukan kecepatan penanganan COVID-19 di Kota Pasuruan. Bertindak lebih cepat lebih baik," kata Gus Ipul.

Gus Ipul pun mengaku kecolongan saat warga Trajeng rombongan berangkat ziarah. Tidak ada laporan yang masuk dari RT, RW ataupun Lurah, bahkan Kecamatan saat keberangkatan.

Setelah dua minggu kemudian, kasus itu ditemukan. Ada laporan dua warga meninggal yang positif COVID-19. Setelah itu, Pemkot melakukan tracing dan testing. Hasilnya banyak yang positif COVID-19. 

"Informasi dari Pak RT atau Bu RT ini akan menentukan pola penanganan COVID-19. Semakin cepat disampaikan, maka semakin cepat pula penanganannya. Makanya, informasinya sangat membantu," jelasnya.

Gus Ipul menyebut, RT ini memiliki peran penting. Tugasnya adalah mendidik , mengedukasi, memberi informasi, memberi arahan pembinaan yang tepat sehingga semua terhindar dari COVID-19.

"Kalau warganya mau pergi dikasih tau untuk tetap di rumah saja, kalau ada tamu dari warganya segera dikasih info. Kita kumpul disini ini bersama-sama gandeng tangan menekan penularan COVID-19," paparnya.

Mantan Wakil Gubernur Jawa Timur ini mengajak semua RT unruk saling peduli, saling mengingatkan, saling membantu, dan mengambil langkah strategis di wilayahnya masing - masing.

"Prinsipnya, kami ini menyelamatkan kesehatan masyarakat dan ekonomi masyarakat. Ini yang sedang kami lakukan menyelamatkan kesehatan masyarakat. Mari ikut berpartisipasi," tambahnya.

Baca juga: Kasus Covid-19 Melonjak, Wali Kota Kediri Sidak  Pasokan Tabung Oksigen

Gus Ipul menerangkan, jika kesehatan masyarakat terjaga dan bisa dikontrol, Pemkot akan mulai menyiapkan kebijakan yang bisa menyelamatkan ekonomi masyarakat dengan ketentuan yang berlaku. 

Terpisah, Kapolres Pasuruan Kota AKBP Arman menambahkan, kalau bisa RT itu lebih cerewet dan lebih semangat dalam memberikan edukasi ke masyarakat pentingnya menerapkan protokol kesehatan.

"Saya juga pesan, bu RT dan pak RT ini hafal rumah warganya satu per satu, kalau perlu dipetakan. Sehingga kalau terjadi apa - apa mudah diidentifikasi dan penanganannya bisa cepat," tandas dia. (lih)

Kumpulan berita Pasuruan terkini

Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved