Breaking News:

Berita Banyuwangi

Desa-Kecamatan di Banyuwangi Siapkan Isolasi Terpusat, Manfaatkan Sekolah hingga Homestay 

Berbagai langkah memperkuat penanganan Covid-19 terus dilakukan di Banyuwangi. Salah satunya memperkuat tempat isolasi terpusat, baik di tingkat

Penulis: Haorrahman | Editor: Januar
TribunJatim.com/ Haorrahman
Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani, saat meninjau tempat isolasi terpusat, di Desa Genteng Kulon, Kecamatan Genteng, Kamis (8/7/2021). 

Laporan wartawan TribunJatim.com, Haorrahman

TRIBUNJATIM.COM, BANYUWANGI - Berbagai langkah memperkuat penanganan Covid-19 terus dilakukan di Banyuwangi. Salah satunya memperkuat tempat isolasi terpusat, baik di tingkat kabupaten, kecamatan, hingga desa untuk pasien tak bergejala dan gejala ringan. 

Selain menekan potensi penularan, isolasi terpusat juga memudahkan tenaga medis dalam melakukan penanganan pasien untuk mempercepat pemulihan sekaligus bisa mengurangi beban rumah sakit. 

”Kami ucapkan terima kasih kepada pemerintah desa dan kecamatan, yang telah membantu penanganan Covid-19, salah satunya dengan menyiapkan tempat isolasi terpusat. Isolasi terpusat ini kita harapkan mengurangi potensi penularan,” kata Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani, saat meninjau tempat isolasi terpusat, di Desa Genteng Kulon, Kecamatan Genteng, Kamis (8/7/2021).

Desa Genteng Kulon memanfaatkan salah satu Taman Kanak-Kanak yang lokasinya berdampingan dengan Kantor Kepala Desa Genteng Kulon. Ruang kelas disulap menjadi rumah isolasi untuk pasien Covid-19 yang tak bergejala. 

Untuk menghemat biaya, penjaga kantor kepala desa merangkap sebagai penjaga rumah isolasi. Kebutuhan harien pasien juga akan dicukupi oleh desa selama tinggal di pusat isolasi.

"Kami siapkan bed, dan juga ada kamar mandinya. Rumah isolasi kami letakkan di sini karena berdampingan dengan kantor desa, agar mudah untuk pemantauannya," kata Supandi, Kepala Desa Genteng Kulon. 

Selain desa, kecamatan di Banyuwangi juga menyiapkan tempat isolasi terpusat. Seperti Kecamatan Wongsorejo, yang membuat rumah isolasi memanfaatkan homestay di sekitar kawasan wisata Rumah Apung Bangsring Underwater yang saat ini tutup sementara karena PPKM Darurat. 

"Kami sudah koordinasi dan mendapat izin dari pemiliknya, untuk digunakan menjadi tempat isolasi terpusat," kata Sulistyowati, Camat Wongsorejo. 

Baca juga: Kejari Nganjuk Tahan Bupati Non Aktif dan 6 Tersangka Lain di Mapolres, Terkait Jual Beli Jabatan

Menurut Sulis, suasana homestay yang dijadikan tempat isolasi terpusat sangat nyaman karena bangunannya terbuka dan lokasinya dekat laut, sehingga memudahkan pasien untuk mendapat udara segar dan berjemur. 

Halaman
12
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved