Breaking News:

Berita Kabupaten Madiun

PPKM Darurat, Satwa di Madiun Umbul Square Andalkan Bantuan Pakan dari Warga dan Pemerhati Hewan

Selama penerapan PPKM Darurat, satwa di Madiun Umbul Square mengandalkan bantuan pakan dari masyarakat dan pemerhati hewan.

Penulis: Rahadian Bagus | Editor: Dwi Prastika
Tribun Jatim Network/Rahadian Bagus
Lembaga Konservasi dan Wisata Madiun Umbul Square ditutup selama penerapan PPKM Darurat, Jumat (9/7/2021). 

Laporan Wartawan Tribun Jatim Network, Rahadian Bagus

TRIBUNJATIM.COM, MADIUN - Penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM Darurat berdampak pada kelangsungan hidup para satwa yang ada di lembaga konservasi dan wisata Madiun Umbul Square.

Sebab, selama masa PPKM Darurat, tempat wisata ini tutup total sehingga tidak ada pemasukan.

Pantauan di lokasi, Jumat (9/7/2021), gerbang masuk tempat wisata milik Pemkab Madiun itu tertutup rapat. Di pintu gerbang terdapat banner bertuliskan yang menyatakan tempat itu tutup selama PPKM Darurat

Sementara itu, di dalam kawasan wisata, terdengar suara riuh para satwa koleksi Umbul Square saling bersahutan. Beberapa petugas tampak sedang memberikan makan di kandang  satwa.

Direktur Madiun Umbul Square, Afri Handoko, mengatakan tempat wisata ini mulai tutup sejak 3 Juli 2021, lalu. Sebelumnya, tempat wisata ini sempat buka sekitar sebulan, sebelum PKPM Darurat diberlakukan.

“Lebaran kan tutup. Setelah itu kami buka. Dan ini tutup lagi. Kemarin sempat buka satu bulanan. Hasil itu yang kami gunakan untuk operasional,” kata Afri.

Afri mengaku, penutupan tempat wisata berdampak pada pendapatan perusahaan. Namun, sebagai bentuk upaya pencegahan penularan Covid-19 (virus Corona), hal ini harus dijalankan. 

Dia hanya berharap pemberlakukan PPKM Darurat ini tidak terlalu lama, sehingga tempat wisata yang berlokasi di Kecamatan Dolopo ini dapat beroperasi kembali. 

Baca juga: Bupati Madiun Kaji Mbing Ingatkan Dampak Ekonomi Jika Melanggar Prokes Covid-19

Meski tidak ada pemasukan, kata dia, namun prioritas utama perusahaan tetap pada kelangsungan hidup para satwa.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved