Breaking News:

Berita Kota Blitar

PPKM Darurat, Penyaluran Bantuan Rastrada di Kota Blitar Dipercepat Juli 2021 Ini

Karena masyarakat tengah mengikuti PPKM Darurat, penyaluran bantuan Rastrada di Kota Blitar dipercepat menjadi Juli 2021.

Penulis: Samsul Hadi | Editor: Dwi Prastika
Tribun Jatim Network/Samsul Hadi
Wali Kota Blitar, Santoso menyerahkan bantuan Rastrada kepada warga kurang mampu di kantor Kelurahan Sananwetan, Selasa (13/7/2021). 

Laporan Wartawan Tribun Jatim Network, Samsul Hadi

TRIBUNJATIM.COM, BLITAR - Pemkot Blitar mempercepat penyaluran bantuan beras sejahtera daerah (Rastrada) untuk warga kurang mampu tahap kedua pada Juli 2021 ini. 

Penyaluran bantuan Rastrada dipercepat supaya bisa meringankan beban ekonomi masyarakat di masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM Darurat untuk pencegahan penyebaran Covid-19 (virus Corona). 

"Biasanya penyaluran Rastrada tahap kedua pada Agustus. Tapi, karena situasi masyarakat sedang mengikuti PPKM Darurat, Rastrada kami salurkan sekarang," kata Wali Kota Blitar, Santoso usai menyerahkan bantuan Rastrada di Kantor Kelurahan Sananwetan, Selasa (13/7/2021). 

Santoso mengatakan, dalam program Rastrada, tiap warga kurang mampu mendapat bantuan beras seberat 10 kilogram tiap bulan. 

Penyaluran bantuan Rastrada dilakukan tiap empat bulan sekali. 

Penyaluran bantuan Rastrada tahap pertama untuk Januari, Februari, Maret, dan April, dilakukan pada awal Mei 2021.

"Penyaluran tahap dua ini untuk Mei, Juni, Juli, dan Agustus. Warga langsung menerima 40 kilogram beras," ujarnya. 

Santoso berharap, bantuan Rastrada ini dapat meringankan beban ekonomi masyarakat di masa PPKM Darurat untuk pencegahan penyebaran Covid-19. 

Baca juga: Tak Pakai Masker, Belasan Pelanggar Prokes Covid-19 di Kota Blitar Disanksi Tipiring

"Masyarakat lain yang tidak menerima bantuan Rastrada akan mendapat bantuan dari Kemensos lewat program bantuan pangan non tunai dan PKH," katanya. 

Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kota Blitar, Priyo Istanto mengatakan, pihaknya menyediakan 400 ton beras dalam penyaluran Rastrada tahap kedua. 

Sedangkan jumlah penerima program bantuan Rastrada sebanyak 9.863 keluarga penerima manfaat (KPM) yang tersebar di 21 kelurahan di Kota Blitar. 

"Penyaluran Rastrada tahap kedua kami mulai hari ini di wilayah Kecamatan Sananwetan. Untuk Rastrada tahap ketiga rencananya kami salurkan pada September 2021," katanya.

Berita tentang Kota Blitar

Berita tentang Jawa Timur

Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved