Breaking News:

Apotek Online Lifepack

Manfaat dan Cara Memakai Kondom yang Benar untuk Optimalkan Keefektifan

Berikut ini aturan, cara dan manfaat memakai kondom yang benar untuk mengoptimalkan keefektifannya.

Editor: Dwi Prastika
Freepik by wavebreakmedia
Manfaat dan cara memakai kondom yang benar. 

TRIBUNJATIM.COM - Kondom dikenal sebagai salah satu alat kontrasepsi yang mudah didapatkan juga mudah digunakan. Pemakaian kondom menjadi salah satu cara yang dipilih banyak orang untuk menghambat kehamilan. Namun agar hasilnya bisa efektif sesuai harapan, maka dibutuhkan penerapan cara memakai kondom yang baik dan benar.

Penggunaan kondom saat berhubungan seksual sebenarnya cukup banyak disarankan. Apalagi untuk pasangan yang belum menikah. Sementara itu pemakaian kondom bagi pasangan menikah juga sangat disarankan jika tak ingin menggunakan metode kontrasepsi lainnya. Berikut akan dibahas lebih jauh mengenai manfaat serta metode pemakaian kondom yang tepat.

Manfaat Pemakaian Kondom

Topik mengenai kondom seringkali dianggap tabu, padahal ini menjadi topik penting yang menambah pengetahuan mengenai reproduksi. Paling tidak perlu dipahami apa saja manfaat yang didapatkan dari pemakaian kondom.

Berikut adalah beberapa manfaat kondom yang perlu Anda ketahui:

1. Mencegah Penularan Penyakit

Fungsi pertama dari kondom adalah untuk mencegah penularan penyakit. Tidak hanya penyakit kelamin namun juga penyakit lain yang bisa menular lewat hubungan seksual seperti HIV. Penularan penyakit bisa dicegah dengan penggunaan alat pengaman seperti kondom, namun dengan catatan pemakaiannya harus benar.

2. Mencegah Kehamilan

Kondom juga bermanfaat mencegah terjadinya kehamilan. Tidak hanya bagi pasangan yang belum menikah, pencegahan kehamilan juga dibutuhkan bagi pasangan menikah. Biasanya kondom dipakai oleh pasangan menikah jika ingin menjaga jarak kelahiran anak. Kondom dianggap sebagai alat kontrasepsi yang aman dan mudah untuk didapatkan.

3. Memperlama Durasi Hubungan Seksual

Halaman
1234
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved