Breaking News:

Berita Jatim

Gubernur Khofifah Siapkan Vaksin Moderna untuk Dosis Ketiga Bagi Nakes Jatim, Dimulai Hari Ini

Gubernur Khofifah siapkan vaksin Moderna untuk vaksinasi dosis ketiga bagi tenaga kesehatan di Jawa Timur, dimulai pada hari ini.

Penulis: Fatimatuz Zahroh | Editor: Dwi Prastika
Istimewa/TribunJatim.com
Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa saat meninjau vaksinasi Covid-19 dosis ketiga dengan Moderna di Unisma Malang, Senin (2/8/2021). 

Laporan Wartawan Tribun Jatim Network, Fatimatuz Zahroh

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa memastikan vaksinasi Covid-19 dosis ketiga bagi sumber daya manusia (SDM) kesehatan atau tenaga kesehatan (nakes) di Jawa Timur telah dimulai.

Gubernur Khofifah secara khusus meninjau pelaksanaan vaksinasi Covid-19 dosis ketiga bagi nakes di Universitas Islam Malang (Unisma), Senin (2/8/2021).

Dia menegaskan, untuk dosis ketiga bagi SDM kesehatan di Jawa Timur telah disiapkan vaksin dengan jenis merek Moderna.

Diharapkan dengan suntikan dosis ketiga bagi nakes ini akan menjadi penguat antibodi mereka dari serangan Covid-19. 

"Alhamdulillah pekan ini kita memulai untuk vaksinasi dosis ketiga bagi SDM kesehatan. Termasuk di antaranya tentu saja nakes, dokter, perawat, bidan, analis laboratorium dan seterusnya. Untuk dosis ketiga ini, mereknya Moderna, dan ini menjadi kali pertama penggunaan vaksin Moderna untuk SDM kesehatan," kata Khofifah, di sela meninjau vaksinasi Covid-19 yang digelar di Gedung Bundar Unisma Malang. 

Lebih lanjut dia menyampaikan, vaksinasi SDM kesehatan dengan vaksin Moderna ini dilakukan pertama kali di Unisma. Khofifah menyebut bahwa ini pecah telur untuk menyelenggarakan vaksinasi vaksin Moderna bagi SDM kesehatan.

Kampus ini ditunjuk sebagai apresiasi karena sejauh ini kampus Unisma telah berpengalaman untuk melayani vaksinasi, sebagaimana sebelumnya melayani vaksinasi untuk masyarakat umum. 

Oleh sebab itu, Khofifah meminta selain SDM kesehatan, Unisma juga menjadi pusat vaksinasi pada kalangan disabilitas, yang hari ini juga telah disediakan vaksin Sinopharm

"Vaksinnya semua ada di cold storage Dinas Kesehatan Kota Malang. Nah untuk Moderna ini harus khusus perlakuannya, penyimpanannya harus -30 derajat. Berbeda dengan Sinovac dan AstraZeneca yang -5 derajat," tegasnya. 

Baca juga: Gubernur Khofifah Pastikan Vaksinasi Covid-19 untuk Disabilitas dan SDM Kesehatan Mulai Pekan Depan

Halaman
12
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved