Breaking News:

Berita Pasuruan

Diduga Terjadi Penebangan Liar Pohon Sonokeling di Pasuruan, Polisi Lakukan Penyelidikan

Aksi penebangan liar pohon sonokeling kembali terjadi di wilayah Pasuruan, Selasa (3/8/2021) sore. Kali ini, pohon sonokeling di wilayah....

Penulis: Galih Lintartika | Editor: Ndaru Wijayanto

Laporan Wartawan Tribun Jatim Network, Galih Lintartika

TRIBUNJATIM.COM, PASURUAN - Aksi penebangan liar pohon sonokeling kembali terjadi di wilayah Pasuruan, Selasa (3/8/2021) sore.

Kali ini, pohon sonokeling di wilayah Jalan Raya Bangil - Pandaan, tepatnya di Kelurahan Pogar, Kecamatan Bangil, Kabupaten Pasuruan yang ditebang.a

Roy Susanto, salah satu saksi di lapangan mengatakan, tiba-tiba ada orang yang memotong pohon sonokeling ini tanpa ada pemberitahuan.

"Setahu saya, pemotongan pohon sonokeling itu harus ada izinnya karena kayu sonokeling ini merupakan kayu yang dilindungi," urainya.

Kasus yang sama juga terjadi di wilayah Gempol beberapa waktu lalu. Ada warga yang membawa 14 potongan kayu sonokeling tanpa ada izin.

Kasus di Gempol sudah diungkap oleh pihak kepolisian. Satu orang sudah ditetapkan tersangka dalam kasus pencurian pohon sonokeling tersebut.

Kasatreskrim Polres Pasuruan AKP Adhi Putranto Utomo membenarkan dugaan pemotongan pohon sonokeling tanpa izin tersebut.

Dia menyampaikan, dari tempat kejadian, pihaknya berhasil mengamankan kayu sonokeling A3 dengan panjang 250 sentimeter, A3 dengan panjang 200 sentimeter.

Selain itu, delapan lembar kayu sonokeling dengan ukuran 200 sentimeter x 2 sentimeter.

"Barang bukti kami amankan ke Polres Pasuruan," lanjutnya.

Menurut Kasat, pihaknya masih melakukan penyelidikan untuk mencari siapa pemotong pohon sonokeling tersebut.

"Saat di lokasi kejadian, kami tidak menemukan pihak pemotongnya. Kami temukan kayu sudah dipotong dan diletakkan begitu saja," urainya.

Dia menegaskan akan mendalami kasus ini, termasuk mencari siapa pemotongnya dan perizinannya seperti apa.

"Ini masih kami kembangkan," pungkas dia. 

Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved