Breaking News:

Berita Magetan

Puluhan Tahun Warga Pupus Magetan Damba Peningkatan Jalan

Warga Desa Pupus, sekitar di Kecamatan Lembeyan, Kabupaten Magetan sejak puluhan tahun lalu berharap ada peningkatan dan kapasitas jalan sepanjang

Penulis: Doni Prasetyo | Editor: Januar
TribunJatim.com/ Doni Prasetyo
Pekerja proyek memasang plastik untuk alas beton cor peningkatan dan kapasitas jalan, tepatnya di depan Pasar Desa Pupus, Kecamatan Lembeyan Kabupaten Magetan. Sepanjang kurang lebih 500 meter. 

Laporan wartawan Tribun Jatim Network, Doni Prasetyo

TRIBUNJATIM.COM, MAGETAN - Warga Desa Pupus, sekitar di Kecamatan Lembeyan, Kabupaten Magetan sejak puluhan tahun lalu berharap ada peningkatan dan kapasitas jalan sepanjang Pasar Desa Pupus, karena kalau kondisi normal, lalu lintas jalan itu padat dengan angkutan berat dan anak sekolah.

"Senang Pak, jalannya ditingkatkan diperlebar kami sebagai orangtua, setiap hari berhadapan dengan jalan itu miris, karena sering terjadi kecelakaan. Kalau anak sekolah sudah masuk, ramai sekali. Kita selalu was was,"kata pemilik kios jus yang mengaku bernama Yuni kepada Surya, Selasa (03/8).

Masyarakat setempat, lanjut Yuni, sudah lama mengusulkan peningkatan jalan itu kepada Kepala Desa Pupus. Kemudian oleh desa usulan itu disampaikan ke kecamatan diteruskan ke Pemeringah Kabupaten (Pemkab) Magetan.

"Alhamdulillah kalau sekarang direalisasi kan. Mudah mudah, dengan peningkatan jalan ini semakin banyak warga sekitar desa dan Kecamatan Lembeyan yang datang ke Pasar Desa Pupus. Ini meningkatkan perekonomian warga di sini,"katanya.

Proyek peningkatan jalan  Genengan - Lembeyan yang dikerjakan CV Muara Indah, dengan 
biaya dari APBD 2021 pagu Rp 922.000.000 dan harga HPS Rp 921. 833. 000. Panjang peningkatan jalan itu sepanjang kurang lebih 500 meter. 

Kepala Bidang (Kabid) Bina Marga DPU PR Kabupaten Magetan Didiek Budiman, yang dikonfirmasi membenarkan proyek itu sudah lama diusulkan warga setempat. Kecuali itu proyek ini melayani kehendak masyarakat untuk meningkatkankan ekonomi warga setempat.

"Kebutuhan masyarakat meningkat, tentu saja meningkat pula beban jalan. Karena yang melewati jalan itu juga volumenya meningkat. Kita dari DPU PR berusaha semaksimal mungkin melayani kebutuhan masyarakat,"kata Didiek Budiman.

Diungkapkan Didiek, jalan itu secara teknis dari lebar awal 5 meter, kini menjadi 6 meter. Tebal pondasi cor jalan rata rata 20 centimeter. Dengan panjang yang kami tingkatkan sementara 500 meter.

"Pondasi jalan perlu ditingkatkan (daya beban jalan) karena itu pondasi kita cor. Juga peningkatan kapasitas (lebar). Klo tebal beton cor rata rata 20 centimeter, tapi tengah dibuat lebih tinggi,"tandas Didiek Budiman.(tyo)

Baca juga: Cegah Pengibaran Bendera Putih, Polisi di Lumajang Bagi-bagi Bantuan pada Warga

Kumpulan berita Magetan terkini

Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved