Breaking News:

Berita Jatim

Kunjungi PT Smelting Gresik, Menperin Agus Gumiwang Pastikan Naker Sektor Industri Tervaksinasi

Kunjungi PT Smelting Gresik, Menperin Agus Gumiwang memastikan tenaga kerja di sektor industri tervaksinasi Covid-19.

Penulis: Fatimatuz Zahroh | Editor: Dwi Prastika
Tribun Jatim Network/Fatimatuz Zahroh
Menteri Perindustrian RI, Agus Gumiwang Kartasasmita, bersama Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa melakukan peninjauan vaksinasi Covid-19 di PT Smelting Kabupaten Gresik, Kamis (12/8/2021). 

Laporan Wartawan Tribun Jatim Network, Fatimatuz Zahroh

TRIBUNJATIM.COM, MALANG - Menteri Perindustrian RI Agus Gumiwang Kartasasmita bersama Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa melakukan peninjauan vaksinasi Covid-19 (virus Corona) di PT Smelting Kabupaten Gresik, Kamis (12/8/2021).

Vaksinasi Covid-19 untuk para tenaga kerja PT Smelting Indonesia ini dilakukan dalam rangka memaksimalkan vaksinasi bagi tenaga kerja di sektor industri. 

Agus Gumiwang menekankan agar seluruh tenaga kerja di sektor industri telah tervaksinasi. Menurutnya ini menjadi pesan khusus Presiden Joko Widodo bahwa di masa pandemi Covid-19 ini, ekonomi harus terus berjalan, namun masyarakatnya terlindungi. Maka vaksinasi adalah kunci keberhasilannya.

Lebih lanjut di PT Smelting Indonesia ini akan dilakukan vaksinasi Covid-19 kepada 2.000 orang tenaga kerja. Vaksinasi dilakukan secara bertahap selama tiga hari ke depan. 

“Kami di pemerintah pusat maupun pemerintah menyadari pentingnya vaksinasi. Kita ingin dalam konteks perindustrian ini tetap produktif, tapi kesehatan masyarakat tetap menjadi prioritas. Langkahnya adalah tidak ada kata lain selain vaksinasi,” tegas Agus Gumiwang.

Pemerintah pusat juga presiden telah mumutuskan bahwa vaksinasi adalah hal yang prioritas. Dan khususnya adalah wilayah aglomerasi, yang saling terkait satu sama lain. 

“Nah ini, di Gresik adalah wilayah aglomerasi dari Surabaya, Sidoarjo, Gresik. Sehingga kita akan fokuskan vaksinasinya. Nanti kalau vaksinasinya minimal 70 persen telah tercapai, maka tentu kita akan melakukan pengaturan-pengaturan, baik yang diambil oleh pemerintah pusat maupun pemerintah daerah,” tambahnya.

Baca juga: Khofifah Gelontorkan Vaksin Covid-19 untuk Santri Ponpes Al Yasini Pasuruan, Ada 2.750 Dosis

Lebih lanjut, Jawa Timur adalah wilayah yang menjadi prioritas vaksinasi sektor industri. Tak lain alasannya adalah Jawa Timur dikatakan Agus Gumiwang sebagai provinsi yang memiliki kontribusi terbesar untuk nasional dari segi indistri. Sehingga vaksinasi di Jawa Timur harus digencarkan lagi. 

Pihaknya berharap ke depan akan ada lebih banyak dosis vaksin yang bisa digulirkan ke daerah dengan tujuan memvaksin tenaga kerja dan yang terkait dengan sektor industri. 

Di kesempatan yang sama, Menperin Agus Gumiwang juga menyempatkan diri untuk meninjau penerapan protokol kesehatan di PT Smelting Indonesia. Mulai dari kantor hingga kantin.

Selain itu ia juga mengapresiasi PT Smelting Indonesia yang menjadi salah satu perusahaan paling rajin memberikan laporan terkait ketenagakerjaan selama pandemi Covid-19 ini.

“Kami menperin telah melakukan SE nomor 3 tahun 2021 terkait prokes. Kami mewajibkan dari semua perusahaan industri dan pendukungnya untuk bikin laporan ke kami setiap Selasa dan Jumat. Karena kita ingin tepat menganalisasi kegiatan industri terkait penyebaran Covid-19 di wilayah kerjanya. Di Jatim, dari 4.500 pemilih izin operasi kegiatan industri di Jatim, baru sedikit yang berikan laporan,” tegasnya.

Pihaknya sesuai SE tersebut telah menyiapkan sanksi. Mulai dari peringatan, pembekuan izin hingga pencabutan izin. Oleh sebab itu ia kembali mewanti-wanti agar perusahaan di Jawa Timur dan daerah lain di Indonesia agar aktif melapor dua kali sepekan.

Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved