Breaking News:

Berita Batu

Cegah Terjadi Kecelakaan, DPUPR Batu akan Perbaiki Tanjakan Kali Lanang Pekan Depan

Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Batu berencana memperbaiki jalanan menanjak di Desa Pandanrejo agar aman dilalui kendaraan.

Penulis: Benni Indo | Editor: Ndaru Wijayanto
SURYA/DOK DPUPR BATU
Kondisi tanjakan Kali Lanang yang akan diperbaiki oleh DPUPR Batu agar potensi kecelakaan bisa ditekan. 

lLaporan Wartawan Tribun Jatim Network, Benni Indo

TRIBUNJATIM.COM, BATU – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Batu berencana memperbaiki jalanan menanjak di Desa Pandanrejo agar aman dilalui kendaraan.

Jalur tersebut adalah jalur poros penghubung dari Surabaya via pintu keluar Tol Karanglo. Kepala Dinas PUPR Kota Batu, Alfi Nurhidayat mengatakan pihaknya bersama Pemdes Pandanrejo, dan Dishub telah turun ke lapangan untuk memastikan segala persiapan dengan matang.

"Target kami perbaikan mulai pekan depan ini. Semua tahapan seperti tender dan penentuan pemenang sudah selesai. Nanti bakal dikerjakan oleh PT Multi Razulka Sakti dengan nilai kontrak Rp 2.986 miliar," jelas Alfi, Jumat (13/8/2021).

Jalur tanjakan tersebut perlu diperbaiki agar kendaraan yang melintas bisa aman. Pantauan Surya (Tribun Jatim Network) di lokasi, ada beberapa titik jalan yang rusak sehingga sangat rawan atau berpotensi menjadi penyebab kecelakaan.  

Alfi mengatakan, perbaikan tidak hanya dilakukan di tanjakan Kali Lanang, namun jalur masuk dan keluar masuk Kota Batu dari sisi utara. Yakni mulai pertigaan Bendo hingga Desa Giripurno.

"Kami ingin infrastruktur yang dibangun oleh Pemkot Batu mempunyai arti yang sangat penting bagi masyarakat. Mengingat fungsinya untuk memperlancar arus barang dan orang dari satu tempat ke tempat lain,” katanya.

Alfi mengatakan bahwa keberadaan jembatan dan jalan raya mampu meningkatkan perekonomian Kota Batu. Menurutnya, adanya jembatan atau jalan raya memiliki fungsi sebagai penghubung pembangunan sebuah kota.

“Agar lebih merata dan mempercepat aktivitas masyarakat di wilayah. Masyarakat atau wisatawan yang datang harus benar-benar menikmati kualitas jalan yang bagus,” kata Alfi.

Kabid Bina Marga DPUPR Kota Batu, Suwoko menambahkan nantinya bagian kanan kiri jalan yang menanjak bakal dilebarkan hingga 70 centimeter dengan panjang jalur mencapai 3.1 kilometer. Termasuk ada penguat bahu jalan dari beton di pinggir.

Lalu untuk meminimalisir turunan tajam di  tanjakan Kali Lanang, bakal ada tambah ketebalan aspal hingga 10 sentimeter mengikuti kontur yang ada.

“Tidak hanya, kami libatkan Dishub agar nanti ada pemasangan rambu-rambu lalu lintas," kata Suwoko.

Kepala Desa Pandanrejo, Abdul Manan mengapresiasi perbaikan jalan di daerahnya, terutama tanjakan Kali Lanang. Menurutnya, tanjakan Kali Lanang dikenal sebagai jalur yang cukup rawan, beberapa kali ada kendaraan besar yang mogok saat menanjak.

Sudah beberapa tahun ia menyampaikan ke Pemkot Batu karena banyak masyarakat yang mengeluhkan seringnya terjadi kecelakaan hingga memakan korban jiwa

"Saya sangat mengapresiasi karena pembangunan itu yang ditunggu-tunggu oleh masyarakat. Tidak terhitung kecelakaan yang terjadi, semoga pembangunan nanti bisa mengurangi angka kecelakaan,” harapnya.

Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved